Kompas TV nasional berita kompas tv

Menkeu Sri Mulyani Ungkap Dampak Virus Corona Untuk Indonesia

Kompas.tv - 30 Januari 2020, 11:25 WIB
menkeu-sri-mulyani-ungkap-dampak-virus-corona-untuk-indonesia
Menteri Keuangan Sri Mulyani (Sumber: KompasTV)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV - Sejak virus corona merebak di banyak negara, banyak sektor yang terdampak dari virus ini.

China pun telah menutup Wuhan dari dunia.

Kota ini terkunci untuk mencegah meluasnya virus corona ke banyak negara.

Meski di Indonesia belum ada satu orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona, namun kekhawatiran warga akan virus ini juga meningkat.

Banyaknya turis asing, terutama dari China yang berkunjung ke Indonesia menjadi perhatian khusus pemerintah.

Charter flight wisata dari Indonesia ke China dibatalkan, begitupun sebaliknya kedatangan para wisatawan dari China ke Indonesia mendapat sejumlah penolakan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan jika jumlah wisatawan menurun maka akan berdampak juga pada perekonomian dalam negeri.

“Sektor pariwisata tentu akan terpengaruh. Dan ini yang harus kita waspadai karena kan kita selalu mengatakan Sektor pariwisata sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang kita andalkan. Terutama destinasi pariwisata tahun 2020. Karena kan ini tempat kita melakukan promosi.” Ungkap Sri Mulyani pada Rabu (29/1/2020).

Namun, tidak hanya Indonesia, semua negara yang mempunyai hubungan perdagangan dengan China akan ikut berdampak.

Namun Sri Mulyani yakin China mampu memobilisasi keadaan ini, meski pada kuartal pertama tidak bagus akibat merebaknya virus ini.

"RRT adalah sebagai suatu negara yang mampu memobilisasi, instrumen policynya, pada saat mereka ingin melakukan tujuan tertentu. Jadi kuartal pertama jadi tidak akan terlalu bagus dari sisi domestik mereka. Dan kemudian pengaruhnya pada keseluruhan tahun tergantung dari respon mereka di kuartal selanjutnya." tegas Sri Mulyani. 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x