Kompas TV regional berita daerah

Limbah Pabrik Susu Cemari Sungai dan Sumur Warga

Kompas.tv - 27 Januari 2020, 18:20 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Sejumlah sungai di kabupaten blitar diduga tercemar limbah kotoran sapi, yang berasal dari salah satu pabrik pengolahan susu, yang terletak di Kecamatan Wlingi. Sungai-sungai tersebut berubah menjadi keruh dan mengeluarkan bau tak sedap.

Menurut warga, kondisi sungai tercemar pasca berdirinya pabrik susu Greenfields. Limbah yang mencemari sungai itu, berasal dari kotoran sapi yang mengalir ke sungai. Selain mencemari sungai, limbah kotoran sapi itu,juga membuat para peternak ikan rugi hingga puluhan juta rupiah.

Hal itu, terjadi setelah air sungai yang digunakan warga untuk mengisi kolam ikan, tercemar limbah. Bahkan, pada satu tahun lalu, kotoran sapi tersebut, juga pernah membanjiri pemukiman warga, dan membuat sejumlah ternak hilang.

Sementara itu, sejumlah sumur warga serta sumber mata air di sekitar lokasi, juga terdampak limbah kotoran sapi itu. Akibatnya, warga tidak bisa menggunakan air bersih mereka, untuk keperluan sehari-hari.

Menanggapi adanya limbah yang merusak lingkungan itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar telah memberikan teguran secara tertulis kepada pihak pabrik. DLH Kabupaten Blitar meminta pihak pabrik untuk segera memperbaiki saluran limbah mereka, yang diduga bocor itu. Pihak pabrik diberikan tenggang waktu satu bulan, untuk memperbaiki saluran limbah tersebut.

#blitar #limbah #pencemaranlingkungan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x