Kompas TV religi beranda islami

Jumatan di Masjid Ammar Hong Kong

Kompas.tv - 25 Januari 2020, 19:10 WIB
jumatan-di-masjid-ammar-hong-kong
Disain Masjid Ammar cukup sederhana namun sangat nyaman dan bersahabat (foto: agung pribadi)
Penulis : Agung Pribadi

HONG KONG - Haru yang membuncah, mungkin inilah yang dirasakan wisatawan muslim saat berkunjung ke masjid di Negara yang mayoritas penduduknya merupakan non muslim. Salah satunya, adalah Ammar Mosque and Osman Ramju Sadick Islamic Center di kawasan Oi Kwan Road, Wan Chai, Hong Kong. Jangan bayangkan kubah yang megah, atau menara yang tinggi karena masjid Ammar berdiri menjulang menyerupai gedung perkantoran. Meski demikian nuansa islami kental terasa di sini.

 

Bangunan 8 lantai ini merupakan masjid ketiga yang dibangun di Hong Kong yang merupakan kota administratif khusus di Cina. Masjid Ammar juga menjadi pusat berkumpulnya komunitas muslim di Hong Kong. Jemaah terbanyaknya berasal dari Indonesia, diikuti warga lokal, Pakistan dan negara-negara lainnya. 

 

Memasuki pintu masjid, pengunjung akan melewati deretan kotak amal yang disediakan pengurus masjid. Hasil sumbangan nantinya disalurkan kepada saudara muslim di berbagai negara. Pengurus masjid juga menyediakan buku-buku islami di area penerima tamu dengan gratis.

 

Naik ke lantai satu, pengunjung masjid akan melihat area bersuci atau ruang berwudhu. Dan untuk menunaikan salat, jemaah laki-laki akan menuju lantai dua sedangkan ruang salat khusus perempuan ada di lantai 3.

 

Di hari jumat, jemaah masjid Ammar membeludak untuk menjalankan ibadah salat Jumat. Jemaah terlebih dulu mendengarkan ceramah singkat berbahasa Kanton, baru setelahnya khatib naik ke mimbar dan menyampaikan khotbah dalam bahasa Arab. Ada beragam etnis, latar budaya berbeda, namun memiliki rasa persaudaraan yang kental. Inilah yang membuat momen salat Jumat di masjid Ammar semakin terasa istimewa.

Khatib Uthman Yang Xing Ben menyampaikan khutbah Jumat di hadapan Jamaah Masjid Ammar dari beragam bangsa (Sumber: kompastv/agung pribadi)

Sebagai pusat komunitas muslim, masjid Ammar juga memiliki badan pengawas kehalalan bernama The Incorporated Trustees of The Islamic Community Funds in Hong Kong (Trustee). Terletak di lantai delapan, Trustee memiliki kewenangan serupa Majelis Ulama Indonesia dalam mengeluarkan izin makanan dan minuman halal. Satu-satunya pemberi sertifikat halal yang diakui di kota yang tak pernah terlelap ini.

Abdul Muhaemin Karim, pria ramah dan kharismatik asal Cirebon Jawa Barat telah menjadi pengurus Masjid Ammar selama 17 tahun, memberikan keterangan tentang minat masyarakat Hong Kong mengenal Islam yang cukup tinggi (Sumber: kompastv/agung pribadi)

Abdul Muhaemin Karim, salah seorang pengurus masjid Ammar menuturkan, minat mempelajari Islam di Hong Kong semakin tinggi setiap tahunnya. Pemerintah setempat pun berikan keleluasaan bagi Islam untuk berkembang. “Yang menjadi kegembiraan, kebanggaan kita adalah penambahan keingintahuan mereka tentang agama islam itu luar biasa sehingga mereka sering datang untuk mempelajari Islam. Masalah sekolah, pemerintah begitu akomodatif ya, mereka menyediakan hampir segalanya, bagi orang muslim yang ingin sekolah di SD Islam Sekolah menengah Islam juga kita punya pemerintah sangat mendukung, kita punya sekolah Sunni College di Chai Wan banyak orang muslim yang menyekolahkan anaknya disana” lanjutnya.

 

Di tengah masifnya gelombang protes penduduk Hong Kong dan masalah internalnya, aktivitas di masjid Ammar tetap kondusif dan kegiatan belajar Islam pun tetap berjalan normal.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.