HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV regional berita daerah

Jelang Imlek, Klenteng Tertua di Kota Bekasi Berbenah

Kamis, 23 Januari 2020 | 21:50 WIB
Klenteng Hok Lay Kiong, Klenteng tertua di Kota Bekasi berada di Jalan Mayor Oking, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi (Sumber: Kompas TV / Blegur)

BEKASI, KOMPAS.TV - Jelang Tahun Baru Imlek, warga keturunan Tinghoa di Bekasi, Jawa Barat, menyiapkan ratusan lilin raksasa yang akan dinyalakan pada malam pergantian Tahun Baru Imlek.

Lilin-lilin itu diyakini warga mampu menerangi kehidupan mereka pada tahun ini yang bershio tikus logam.

Ratusan lilin berukuran besar itu memenuhi rumah ibadah Klenteng tertua di Kota Bekasi yang bernama Klenteng Hok Lay Kiong, terletak di Jalan Mayor Oking, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi.

Baca Juga: Simak! Inilah 4 Fakta Menarik Tentang Imlek

Lilin berukuran besar itu berwarna merah dan bertuliskan nama pemiliknya sengaja dikumpulkan warga keturunan Tionghoa yang ada di Bekasi untuk menyambut perayaan pergantian Tahun Baru Imlek pada Sabtu (25/1/2020) mendatang.
 
Menurut keyakinan warga keturunan Tionghoa, lilin itu akan memberikan penerangan di tahun yang akan datang. 

Agar kehidupan yang akan dijalani lebih baik dan menambah rejeki, serta menerangi kehidupan pada tahun bershio tikus logam.

“Di klenteng tertua di kota Bekasi ini kita sudah melakukan persiapan dan pembersihan patung-patung dewa, renovasi dengan mencat dinding-dinding, dan menghiasi sedemikian rupa dalam rangka menyambut tahun baru Imlek,” ujar Ronny Hermawan, Ketua Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi, kepada Kompas TV, Kamis (23/1/2020). 

Penulis : Deni Muliya




BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Pengarahan Karutan Kelas Satu Makassar

Selasa, 18 Februari 2020 | 17:46 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
17:58
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   HINGGA SAAT INI, SUDAH 77 ORANG TERJANGKIT VIRUS KORONA DI SINGAPURA   WTO PERKIRAKAN WABAH VIRUS CORONA AKAN MEMPERBURUK PROYEKSI LAJU PERDAGANGAN GLOBAL 2020   PRODUSEN SEPEDA MOTOR VIAR DAN BENELLI DI INDONESIA TERANCAM TIDAK BISA BERJUALAN AKIBAT WABAH VIRUS CORONA   3 DARI 78 WNI YANG MENJADI KRU KAPAL PESIAR JEPANG TERJANGKIT VIRUS KORONA   MENLU RETNO MARSUDI BERKOORDINASI DENGAN OTORITAS JEPANG DAN PERUSAHAN KAPAL PESIAR UNTUK EVAKUASI 78 WNI   BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL (BATAN) MENGKLAIM PAPARAN ZAT RADIOAKTIF DI TANGSEL TURUN 90%   KOMISIONER KPU EVI NOVIDA GINTING MANIK SEBUT ADA 5 PROVINSI BERPOTENSI MUNCULKAN CALON KEPALA DAERAH INDEPENDEN   KPU: BELUM ADA BAKAL CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR YANG MENDAFTARKAN DIRI MELALUI JALUR PERSEORANGAN   KUASA HUKUM SEKJEN SUNDA EMPIRE RANGGA SASANA, ERWIN SYAHRUDIN, AJUKAN PENANGGUHAN PENAHANAN KLIENNYA   PARTAI DEMOKRAT PERTANYAKAN PEMBENTUKAN PANSUS JIWASRAYA YANG MANDEK   MENKEU SRI MULYANI ANCAM TARIK SUNTIKAN MODAL KE BPJS KESEHATAN JIKA IURAN BATAL NAIK   KEMENSOS SEBUT 30 JUTA ORANG MAMPU MENIKMATI SUBSIDI BPJS