Kompas TV video cerita indonesia

Simak! Inilah 4 Fakta Menarik Tentang Imlek

Kompas.tv - 23 Januari 2020, 17:58 WIB
Penulis : Desy Hartini

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada sejumlah fakta mengenai Imlek alias Tahun Baru China. Namun, KompasTV telah merangkumnya menjadi empat fakta terkait Imlek.

1. Hujan dan Imlek

Imlek atau Tahun Baru China biasanya identik dengan hujan di Indonesia. Biasanya turunnya hujan ini dianggap sebagai berkah bagi sebagian orang. Namun kenapa ya biasanya kalau Imlek pasti turun hujan? Bagaimanakah penjelasan ilmiahnya?

Jadi memang Imlek identik dengan hujan karena bulan Januari atau Februari di Indonesia sedang musim hujan atau identik dengan musim hujan.

Untuk penghitungan harinya sendiri dalam Imlek merupakan gabungan fase bulan mengelilingi bumi dengan bumi mengelilingi matahari.

Baca Juga: Imlek, Vihara Ananda Avokitesvara Dipercantik

2. Warna Merah

Jelang perayaan tahun baru Imlek, pasti enggak jarang kamu bakal nemuin banyak barang yang identik sama warna merah. Rasa-rasanya warna merah jadi warna favorit orang Tionghoa. Mulai dari busana, amplop, hingga ornamen atau hiasan-hiasan. Bahkan nih objek-objek wisata aja juga dihiasi lampion merah hingga lilin-lilin atau bangunan warna merah.

Lalu apa arti di balik warna merah itu?

Seorang peneliti dan budayawan Tionghoa bernama David Kwa menjelaskan kalau warna merah sendiri memiliki makna kebahagiaan. Warna merah juga menggambarkan pengharapan di tahun baru. Jadi segala kesedihan dan kegelapan akan sirna tergantikan. Ada juga menyebut kalau warna merah menjadi simbol kebaikan hati, kebenaran, dan ketulusan hati.

Nah, selain itu bagi orang Tionghoa warna merah atau “hung” identik dengan karakter makmur.

Baca Juga: Unik! Budaya Minahasa dalam Atraksi Barongsai

3. Pemberian Angpao 

Tradisi memberi uang atau angpao di Tahun Baru China memang telah lama dilakukan bahkan juga menyebar ke tradisi perayaan lainnya. Angpao sendiri berarti bungkusan merah dengan filosofi mentransfer kesejahteraan atau energi. Biasanya angpao diberikan dari orang mampu ke tidak mampu, dari orang tua ke anak-anak, dan dari anak-anak yang sudah menikah kepada orangtua.

Pemberi angpao adalah mereka yang sudah menikah. Bukan cuma berbagi rezeki, tapi juga doa agar cepat mendapatkan jodoh.

Nah kalau misalnya orang belum menikah, tapi ingin memberikan uang, maka dapat memberi uang tanpa dibungkus amplop merah tersebut.

Selain itu, yang terpenting kalau mau menerima angpao, biasanya mereka harus mengucapkan Gong Xi Fa Chai dengan membungkus kepalan tangan kanan dengan tangan kiri sebab tangan kanan berkesan agresif.

Baca Juga: Bukan Buang Sial, Ini Makna Melepas Burung Pipit di Imlek

4. Kumpul Keluarga 

Mungkin salah satu yang tak pernah luput dari setiap perayaan hari raya masing-masing budaya, termasuk Imlek adalah kumpul –kumpul keluarga.

Biasanya pada malam tahun baru Imlek, masyarakat Tionghoa lebih senang berkumpul bersama keluarga. Mereka akan merayakan malam tahun baru imlek dengan makan malam bersama keluarga. Mereka menyiapkan delapan menu istimewa yang lezat.

Jadi itu dia beberapa fakta unik seputar Imlek. Selamat Tahun Baru Imlek 2019. Gong Xi Fa Cai!

#Imlek #Barongsai #FaktaImlek



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x