Kompas TV nasional berita kompas tv

Lawatan Prabowo Ke Luar Negeri Jadi Pembahasan Ratas Minggu Depan

Kompas.tv - 23 Januari 2020, 14:56 WIB
lawatan-prabowo-ke-luar-negeri-jadi-pembahasan-ratas-minggu-depan
Presiden Joko Widodo menghadiri rapat pimpinan Kementerian Pertahanan 2020, Kamis (23/1/2020) pagi. (Sumber: KOMPAS.com/Ihsanuddin)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo akan mengelar rapat terbatas (Ratas) untuk memutuskan kerjasama pertahanan yang akan dijalankan Indonesia dengan negara lain.

Menurut Jokowi dalam lawatan ke luar negeri, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sudah melakukan penjajakan kerjasama dengan Prancis, Korea Selatan serta negara-negara di eropa timur. Hasil dari penjajakan Prabowo akan dibahas dalam rapat terbatas minggu depan.

"Segera akan diputuskan, dan minggu depan kita akan rapat terbatas dengan Pak Menhan nanti di Surabaya," ujar Jokowi saat menghadiri acara rapat pimpinan Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga: Soal Anggaran Kementerian, Presiden Jokowi Wanti-Wanti Prabowo

Kerjasama yang digagas Prabowo dengan lawatan kerjanya juga memiliki tujuan untuk memperkuat diplomasi pertahanan Indonesia, mengingat tantangan dalam spektrum keamanan semakin luas. 

Jika tidak menjaga diplomasi pertahanan, maka akan sulit bagi Indonesia untuk meredam ketegangan di kawasan kedaulatan NKRI.

"Pak Menhan pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, pergi ke sebuah negara, itu adalah dalam rangka diplomasi pertahanan kita, bukan untuk lain-lain," ujar Jokowi.

Setelah dilantik, Prabowo sudah mengunjungi tujuh negara dalam rangka diplomasi pertahanan. Adapun tujuh negara tersebut antara lain Malaysia pada 14 November 2019, Thailand pada 17 November 2019, Turki pada 27-29 November 2019, dan China pada 15 Desember 2019. 

Baca Juga: Soal Asabri, Prabowo Minta Prajurit Tenang

Kemudian disusul Jepang pada 20 Desember 2019, Filipina pada 27 Desember 2019, dan Perancis pada 11-13 Januari 2020.`    
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x