Kompas TV video cerita indonesia

Keren! Grup Barongsai Asal Babel Wakili Indonesia di Kejuaraan Barongsai Dunia

Kompas.tv - 21 Januari 2020, 10:03 WIB
Penulis : Desy Hartini

BANGKA BELITUNG, KOMPAS.TV - Inilah penampilan grup barongsai "Saudara" asal Kelurahan Pasir Garam, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, yang terpilih mewakili Indonesia di ajang internasional Kejuaraan Barongsai Dunia di Hong Kong pada 11 Januari 2020 lalu.

Dalam kejuaraan yang digelar setiap dua tahun ini, indonesia berhasil mengungguli tuan rumah dan meraih peringkat empat. Sedangkan peringkat pertama diraih oleh Tiongkok.

Grup barongsai "Saudara" sudah sembilan kali mewakili indonesia di kancah internasional, dari Malaysia, Thailand, Hong Kong, hingga Tiongkok. Hal ini terbilang cukup fantastis apalagi jika dilihat dari keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh perkumpulan yang baru dibangun pada 2000.

Bahkan untuk latihan rutin tiga kali seminggu, mereka hanya menggunakan lahan di tepi jalan. Selain itu, seluruh biaya latihan hanya berasal dari iuran anggota dan tidak ada fasilitas apapun dari pemerintah daerah.

Grup barongsai "Saudara" berharap prestasi yang mereka raih di ajang kejuaraan dunia barongsai di Hong Kong dapat memicu semangat anak-anak muda lain. Semangat itu tidak hanya dari etnis keturunan Tionghoa namun juga terbuka bagi seluruh anak muda Indonesia untuk menekuni olahraga sekaligus seni yang cukup memicu adrenalin ini.

#Barongsai #Imlek #BangkaBelitung
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x