HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jangan Sampai Jatuh Miskin Karena Dana Simpanan "Nyangkut"

Sabtu, 18 Januari 2020 | 15:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kasus jiwasraya berubah momok menjadi hal yang menghawatirkan bagi masyarakat. Apalagi yang baru mengenal asuransi sekaligus ingin berinvestasi untuk masa pensiun.

Awas, jangan sampai jatuh miskin karena seluruh simpanan yang dimiliki, nyangkut di perusahaan nakal. Apa saja yang harus dipersiapkan? Kita bahas dengan perencana keuangan Zap Finance, Prita Ghozie.

Bagaimana cara kita memilih lembaga keuangan yang tepat untuk investasi?

Setiap lembaga keuangan memiliki aturan yang berbeda-beda dan juga diatur dalam undang-undang yang berbeda.

Prinsip awalnya adalah ada perbedaan antara dana pensiun dan asuransi jiwa.

Bisakah kita menjadikan asuransi berbalut investasi sebagai dana pensiun?

Untuk dana pensiun harusnya setengahnya adalah kas, 40% di SBN Pemerintah dan mungkin 10% nya adalah investasi.

Sebaiknya kita sebagai pemilik dana tidak menempatkan uang kita di satu tempat. Jadi jika ada kendala di satu tempat, kita masih punya dana di lokasi lain.

Mempersiapkan dana pensiun
1. Masuk budget bulanan
2. Persentase dari gaji
3. Dapen cadangan
4. Pilih lembaga
5. Simpanan lain 

Editor : Dea Davina



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
08:30
KEMENPERIN BENTUK TIM PEMANTAU PROTOKOL KESEHATAN KEGIATAN INDUSTRI   CEGAH PENYEBARAN KORONA MELALUI UDARA, JUBIR PENANGANAN COVID-19 IMBAU WARGA TAK BERBICARA SAAT DI ANGKUTAN   MENDAGRI TITO KARNAVIAN LARANG PETAHANA CANTUMKAN IDENTITAS DI KEMASAN BANTUAN SOSIAL   KEMENDIKBUD LARANG PENYELENGGARAAN PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH SECARA LANGSUNG   MENDAGRI MINTA KEPALA DAERAH KENALKAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DENGAN PENDEKATAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL   KEMENKES TETAPKAN BATASAN BIAYA TERTINGGI “RAPID TEST” RP 150.000 UNTUK PASIEN MANDIRI   PT JAKARTA PROPERTINDO OPTIMISTIS REVITALISASI PUSAT KESENIAN TAMAN ISMAIL MARZUKI SELESAI 2021   KLAIM SUDAH BERDAMAI DENGAN SENIMAN, PT JAKARTA PROPERTINDO LANJUTKAN REVITALISASI TAMAN ISMAIL MARZUKI   POLRI AKAN BERKOORDINASI DENGAN KEJAKSAAN AGUNG TERKAIT PENANGANAN KASUS MARIA PAULINE LUMOWA   DITPOLAIRUD POLDA BALI TANGKAP 7 PELAKU PERDAGANGAN PENYU HIJAU YANG DILINDUNGI   HASIL SURVEI LITBANG KOMPAS: 69,6 PERSEN SETUJU “RESHUFFLE” MENTERI KABINET KERJA   KAPOLRESTABES MEDAN SITA ALAT KONTRASEPSI DAN SEJUMLAH UANG DARI PENANGKAPAN SELEBRITAS HH   POLDA METRO JAYA SEBUT 19 KORBAN KEJAHATAN SEKSUAL WNA PERANCIS, FAC, SUDAH DIKETAHUI IDENTITASNYA   KETUA KOMNAS PEREMPUAN ANDY YENTRIYANI: TIDAK ADA ALASAN BAGI DPR MENUNDA PENGESAHAN RUU PKS