Kompas TV regional berita daerah

Ikan Cupang Buat Basmi Jentik Nyamuk DBD

Kompas.tv - 15 Januari 2020, 12:30 WIB
Penulis : Christandi Super

PONOROGO, KOMPAS.TV - Salah satu cara yang dianggap efektif untuk mencegah penularan demam berdarah atau DBD adalah dengan memelihara ikan cupang, karena ikan cupang pemakan jentik nyamuk.

Di Ponorogo, Jawa Timur, ikan cupang dibagikan secara gratis kepada warga sebagai upaya untuk bersama-sama memberantas jentik nyamuk.

Petugas dari Puskesmas Babadan di Ponorogo, Jawa Timur, dalam beberapa pekan terakhir terus berkeliling ke seluruh desa binaan untuk membagikan ikan cupang gratis kepada seluruh warga dalam upaya pemberantasan nyamuk demam berdarah, terutama di daerah endemik agar tidak lagi menjangkiti warga.

Pemberantasan nyamuk dengan ikan cupang ini dianggap lebih efektif dan alami untuk menekan perkembangbiakan jentik nyamuk di musim penghujan dibandingkan dengan penggunaan obat kimia.

Selain itu ikan cupang yang beraneka warna ini dapat sekaligus menjadi hiasan untuk mempercantik rumah hunian.

Melalui program ini diharapkan akan mampu menekan jumlah penderita demam berdarah di masyarakat, karena pada tahun 2019 lalu status kejadian luar biasa demam berdarah dikeluarkan pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo dari banyaknya warga yang terjangkiti dengan jumlah penderita mencapai lebih dari 900 orang, dan 7 diantaranya meninggal dunia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x