HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Asabri dan Jiwasraya: Kasus Mirip, Penanganan Beda

Selasa, 14 Januari 2020 | 16:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Dialog Sapa Indonesia, Staf Khusus BUMN Arya Sinulingga menyoroti kasus korupsi yang terjadi antara Asabri dan Jiwasraya

Jika sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan pola dan modus yang dilakukan Asabri sama seperti dalam kasus Jiwasraya, maka Arya mengatakan penanganan dan solusi untuk menanganinya berbeda.

Arya sebut Asabri merupakan asuransi sosial yang hanya mengumpulkan dana-dana negara untuk dibayarkan ke para pensiunan. 

Jadi, metode penanganan yang dilakukan untuk Asabri ini berbeda dari penanganan untuk Jiwasraya


Di Asabri, peranan negara lebih besar, sehingga Kementerian BUMN akan banyak berinteraksi dan koordinasi dengan Kemenhan dan Kemenko Polhukam.

Dugaan korupsi di tubuh BUMN Asuransi, satu demi satu menjadi sorotan.  

Senin malam, penyidik Kejaksaan Agung selesai memeriksa tujuh orang saksi terkait dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya yang menyebabkan kerugian senilai 13,7 triliun rupiah. 

Di antara yang diperiksa, yakni pejabat di bursa efek Indonesia, Kepala Divisi Investasi PT Asuransi Jiwasraya Syahmirwan, dan mantan direktur PT OSO Manajemen Investasi.

Selain proses hukum, skandal asuransi Jiwasraya juga bergulir di ranah politik. 

Dalam rapat paripurna pembukaan masa sidang kedua DPR RI hari Senin, terjadi hujan interupsi anggota dewan yang mendesak pembentukan panitia khusus atau pansus untuk mengawal pengusutan dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Belum tuntas kasus Jiwasraya, kini muncul pula skandal lain di PT Asabri, BUMN Asuransi yang mewadahi anggota TNI, Polri dan PNS. 

Nilainya tak kalah fantastis, diduga merugikan keuangan negara dengan perkiraan mencapai 10 triliun rupiah.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD menyebut, modus dan sejumlah orang yang terlibat dalam dugaan Korupsi PT Asabri, kemungkinan sama dengan kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

Belum tuntas pengusutan kasus dugaan korupsi di Asuransi Jiwasraya kini muncul dugaan korupsi di PT Asabri

Mengapa perusahaan asuransi pelat merah atau berstatus BUMN sampai bermasalah dan mengancam kepentingan nasabah?

Simak dialog selengkapnya bersama Komisi VI DPR yang membawahi BUMN, Andre Rosiade, Koordinator Indonesia Corruption Watch, Adnan Topan Husodo. Dan Staf Khusus Bidang Komunikasi Menteri BUMN, Arya Sinulingga.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
05:02
INTER MILAN DITAHAN IMBANG 1-1 SAAT MENJAMU CAGLIARI DALAM LAGA LANJUTAN LIGA ITALIA DI STADION GIUSEPPE MEAZZA   PEMILIHAN WAGUB DKI JAKARTA, RIZA PATRIA MENGAKU TIDAK ADA LOBI-LOBI KHUSUS KE DPRD   PERUM BULOG MENCATAT TELAH MENJUAL 250 TON BERAS PREMIUM HINGGA AKHIR 2019 LEWAT “E-COMMERCE”   KONTRAKTOR PT BAHANA PRIMA NUSANTARA TETAP LANJUTKAN REVITALISASI MONAS MESKI DPRD DKI JAKARTA MINTA DIHENTIKAN   MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO PASTIKAN TURIS TIONGKOK YANG MELAKUKAN PERJALANAN WISATA KE SULUT SEHAT   GUBERNUR KEPULAUAN RIAU TOLAK KEBIJAKAN PEMERINTAH PUSAT YANG AKAN MENGHAPUS TENAGA HONORER   PERMUDAH DISTRIBUSI LOGISTIK KE DAERAH TERDAMPAK BANJIR BANDANG DI SUKAJAYA, BOGOR, TNI BANGUN JEMBATAN DARURAT   KUTIP LAPORAN WHO, IDI: VIRUS KORONA BUKAN PENYEBAB TUNGGAL KEMATIAN   CEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA, PEMPROV PAPUA BARAT WAJIBKAN PEMERIKSAAN MEDIA BAGI TKA ASAL TIONGKOK   KEMENKES SEBUT PASIEN DI JAMBI DIDIAGNOSIS HANYA MENDERITA INFLUENZA   KEMENKES BANTAH ADA PASIEN DI JAMBI YANG DIISOLASI AKIBAT VIRUS KORONA SETELAH BERKUNJUNG KE TIONGKOK   DAMPAK VIRUS KORONA, PELARI LALU M ZOHRI BATAL IKUTI KEJUARAAN ASIA ATLETIK INDOOR ASIA 2020 DI HANGZHOU, TIONGKOK   TIONGKOK PERLUAS ISOLASI HINGGA KE BEIJING UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN VIRUS KORONA   IDI: VIRUS KORONA MENULAR LEWAT BATUK HINGGA MAKANAN TERCEMAR AIR LIUR