Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kreatif! Ibu-ibu Ini Sulap Ban Bekas Jadi Perangkap Hama

Selasa, 14 Januari 2020 | 16:07 WIB

ACEH, KOMPAS.TV - Usaha kerajinan ban bekas sudah digeluti oleh warga Desa Meunasah Nibong, Kecamatan Peusangan, Bireuen, sejak turun temurun.

Dari ban mobil bekas, warga akan mengambil kabel untuk dibuat berbagai jenis perangkap yang dipasang di ladang untuk melindungi dari hama babi.

Perangkap atau pun jerat hama babi berbahan kabel baja dari ban bekas umumnya diproduksi oleh kaum perempuan. Rohani salah satunya.

Baca Juga: Terungkap! 7 Fakta Baru Kematian Ibunda Rizky Febian, Lina Jubaedah

Usaha kerajinan jerat babi ini sudah menjadi sumber pendapatan utama untuk berbagai kebutuhan biaya keluarganya. Setidaknya dalam satu bulan, ia mendapatkan penghasilan hingga Rp2 juta.

Usaha kerajinan dari bahan baku sampah ban bekas di desa ini terus berkembang karena sebagian warga terus berinovasi berbagai jenis kerajinan, seperti pot bunga, kursi, pengikat timba, dan lainnya, bahkan ada yang mulai mendaur ban bekas untuk dijual kembali.

Baca Juga: Rieke Diah Pitaloka: Saya Sudah Bilang, Kasus Jiwasraya adalah Asabri

Desa Meunasah Nibong, Kecamatan Peusangan, Bireuen, ini sejak dulu dikenal di Aceh sebagai desa produksi berbagai jenis kerajinan dari bahan baku sampah ban bekas. Setidaknya 100 lebih keluarga di desa ini sejak dulu menggantungkan hidupnya dari kerajianan ban bekas.

#Kerajinan #BanBekas #Aceh

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:36
KASUS COVID-19 MELONJAK, PEMKAB LEBAK BERENCANA TERAPKAN PSBB MULAI 1-20 OKTOBER 2020   WAPRES MA'RUF AMIN: PEMUKA AGAMA BERPERAN PENTING CEGAH PENULARAN COVID-19   CEGAH PENULARAN COVID-19 DI KALANGAN LANSIA, PEMKOT SURABAYA BERI ALAT PENGUKUR KADAR OKSIGEN DAN VITAMIN KE LANSIA   CEGAH PENULARAN COVID-19 DI KALANGAN LANSIA, PEMKOT SURABAYA BERI ALAT PENGUKUR KADAR OKSIGEN DAN VITAMIN KE LANSIA   KETUA BAWASLU SEBUT PILKADA DI TENGAH PANDEMI KORONA TIDAK MUDAH   POLDA METRO JAYA TES USAP 300 TAHANAN BERSTATUS VONIS GUNA PASTIKAN SEHAT DAN AMAN DIPINDAH KE LAPAS   KETUA KPI SUMUT PARULIAN TAMPUBOLON MENINGGAL AKIBAT COVID-19   KETUA KOMITE PENANGANAN COVID-19: TINGKAT KETERISIAN TEMPAT TIDUR RS COVID-19 SECARA NASIONAL CAPAI 46,29 PERSEN   KETUA SATGAS COVID-19: BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN USUL HARGA STANDAR TES USAP RP 797.000    SATGAS COVID-19 GENCARKAN KAMPANYE PERUBAHAN PERILAKU MASYARAKAT TAATI PROTOKOL KESEHATAN    KETUA SATGAS COVID-19 DONI MONARDO USUL ACEH DAN BALI MASUK PROVINSI PRIORITAS PENANGANAN COVID-19    PEMERINTAH SIAPKAN TOWER 8 WISMA ATLET PADEMANGAN UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 TANPA GEJALA    KPU KLAIM METODE KOTAK SUARA KELILING BISA JAMIN RAHASIA SUARA PEMILIH    KPU USUL METODE PEMUNGUTAN SUARA TAMBAHAN DI PILKADA BERUPA KOTAK SUARA KELILING