Kompas TV video cerita indonesia

Kreatif! Ibu-ibu Ini Sulap Ban Bekas Jadi Perangkap Hama

Kompas.tv - 14 Januari 2020, 16:07 WIB
Penulis : Desy Hartini

ACEH, KOMPAS.TV - Usaha kerajinan ban bekas sudah digeluti oleh warga Desa Meunasah Nibong, Kecamatan Peusangan, Bireuen, sejak turun temurun.

Dari ban mobil bekas, warga akan mengambil kabel untuk dibuat berbagai jenis perangkap yang dipasang di ladang untuk melindungi dari hama babi.

Perangkap atau pun jerat hama babi berbahan kabel baja dari ban bekas umumnya diproduksi oleh kaum perempuan. Rohani salah satunya.

Baca Juga: Terungkap! 7 Fakta Baru Kematian Ibunda Rizky Febian, Lina Jubaedah

Usaha kerajinan jerat babi ini sudah menjadi sumber pendapatan utama untuk berbagai kebutuhan biaya keluarganya. Setidaknya dalam satu bulan, ia mendapatkan penghasilan hingga Rp2 juta.

Usaha kerajinan dari bahan baku sampah ban bekas di desa ini terus berkembang karena sebagian warga terus berinovasi berbagai jenis kerajinan, seperti pot bunga, kursi, pengikat timba, dan lainnya, bahkan ada yang mulai mendaur ban bekas untuk dijual kembali.

Baca Juga: Rieke Diah Pitaloka: Saya Sudah Bilang, Kasus Jiwasraya adalah Asabri

Desa Meunasah Nibong, Kecamatan Peusangan, Bireuen, ini sejak dulu dikenal di Aceh sebagai desa produksi berbagai jenis kerajinan dari bahan baku sampah ban bekas. Setidaknya 100 lebih keluarga di desa ini sejak dulu menggantungkan hidupnya dari kerajianan ban bekas.

#Kerajinan #BanBekas #Aceh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x