Kompas TV nasional berita kompas tv

Tidak Kooperatif, Ditjen Pengawasan KKP Lumpuhkan Kapal Vietnam Dengan Timah Panas

Jumat, 10 Januari 2020 | 15:15 WIB

30 Desember lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, meringkus tiga kapal asing di perairan Natuna Utara.

Awak kapal ditangkap, dan sejumlah hasil tangkapan disita. Kini, sejumlah tersangka ada di Pontianak, untuk mempertanggungjawabkan tindakannya di meja hijau.

Kapal asing asal Vietnam ini, melakukan perlawanan. Pengejaran juga terus dilakukan selama 30 menit.

Namun tidak adanya itikad baik, memaksa anak buah kapal pengawas milik Direktorat Penanganan Pelanggaran, Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, PSDKP, Pontianak melancarkan timah panas ke arah kapal milik Vietnam.
Akibatnya, dua orang ABK Vietnam terluka.

Sisanya dibawa ke Stasiun PSDKP, Pontianak, untuk dimintai keterangan sebelum bersaksi di hadapan Pengadilan Negeri, Pontianak.

Menteri Kelautan dan Perikanan, mengapresiasi penangkapan tiga kapal asing pencuri ikan di perairan Natuna Utara.

Edhy Prabowo menyatakan saat upaya penangkapan, tiga kapal pencuri ikan membawa total 36 anak buah kapal.

Penangkapan kapal asing pencuri ikan sebagai salah satu upaya penegakan kedaulatan di perairan Indonesia.
Untuk satu kapal penangkap ikan milik Vietnam, disebut mampu menghasilkan omzet hingga 30 miliar rupiah untuk satu kali pelayaran.

Terbuat dari campuran bahan baku kayu dan fiber, kapal-kapal besar sering kali berkeliaran di perairan Indonesia.

Selama tiga tahun terakhir setidaknya ada 345 kasus ilegal fishing di perairan indonesia.

Vietnam, Filipina dan Malaysia menempati peringkat tiga teratas negara asing yang sering tertangkap.
 

Editor : Dea Davina



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:40
RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH TEGASKAN PENETAPAN DARURAT NASIONAL TIDAK DIPERLUKAN   RAJA-RAJA MELAYU TOLAK USULAN DARURAT NASIONAL YANG DISAMPAIKAN PM MALAYSIA TAN SRI MUHYIDDIN YASSIN   PSBB DKI JAKARTA DIPERPANJANG HINGGA 8 NOVEMBER 2020, PENERAPAN SISTEM GANJIL GENAP KENDARAAN RODA EMPAT DITIADAKAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENGATAKAN KALIMANTAN BARAT DAN MALUKU UTARA TIDAK MEMILIKI KASUS BARU VIRUS KORONA   KEMENTERIAN HAJI DAN UMRAH ARAB SAUDI TERBITKAN LEBIH DARI 650.000 IZIN UMRAH ELEKTRONIK SELAMA PANDEMI KORONA   MENHAN PRABOWO SUBIANTO DAN MENHAN TURKI HULUSI AKAR BAHAS KERJA SAMA PERTAHANAN   MENHAN PRABOWO SUBIANTO KUNJUNGI TURKI TEMUI MENHAN HULUSI AKAR DI ANKARA   POLDA RIAU UNGKAP ANGGOTANYA YANG MENJADI KURIR SABU TERLIBAT JARINGAN NARKOTIKA INTERNASIONAL   KEMENKO PMK MENCATAT 25,9 PERSEN PEMUDA DI INDONESIA MEROKOK   POLISI DAN TNI BUBARKAN KEGIATAN "FUN BIKE IMUNITAS" DI KOTA PALOPO, SULSEL, KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   ANGGOTANYA BAWA 16 KILOGRAM SABU, KAPOLDA RIAU: KAMI HARAP HAKIM BERI HUKUMAN YANG LAYAK BAGI PENGKHIANAT BANGSA   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN PERPANJANG PSBB HINGGA 8 NOVEMBER 2020   PEMPROV DKI JAKARTA MENCATAT TOTAL NILAI DENDA DARI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN MENCAPAI RP 4,9 MILIAR   NARAPIDANA KORUPSI TAMIN SUKARDI MENINGGAL KARENA COVID-19, LAPAS TANJUNG GUSTA, MEDAN DIDISINFEKSI