Kompas TV nasional sapa indonesia

Perlukah Negosiasi Permasalahan Kapal Tiongkok di Natuna?

Kompas.tv - 5 Januari 2020, 06:46 WIB
Penulis : Dea Davina

Selain meningkatkan pertahanan Perairan Natuna, kejelasan sikap negara dinanti terkait insiden masuknya sejumlah kapal Tiongkok untuk mengawal kapal nelayan Tiongkok yang mencuri ikan di perairan Natuna Indonesia.

Apakah nota protes saja sudah cukup untuk menunjukkan ketegasan Indonesia? Atau ada sikap tegas lain yang harus ditempuh? Kami akan bahas hal ini bersama pakar hukum internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana dan melalui sambungan telepon sudah terhubung juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak.
Pemerintah China itu seperti “testing the water”, Presiden kita masih sama namun Menteri-menteri mengalami perubahan mereka akan mencoba melihat apakah Menteri Pertahanan kita keras dan tegas atau tidak?

Yang harus kita pahami dalam permasalahan ini adalah yang "disengketakan" adalah wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, bukan di wilayah teritorial laut teritorial Indonesia sehingga kita harus berhati-hati karena penegak kedaulatan adalah TNI. Oleh karena itu kita juga harus berhati-hati dalam mengerahkan kekuatan kita.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x