HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Tantangan Menggandeng Swasta Bangun Infrastruktur Negeri di Era Jokowi

Sabtu, 28 Desember 2019 | 02:00 WIB

Infrastruktur dan konektivtias maritim menjadi cita-cita yang diharapkan pemerintahan Jokowi bisa menjadi masa depan Indonesia.

Di kawasan Jawa Barat, pemerintah membangun Pelabuhan Patimban di wilayah Subang yang akan segera beroperasi tahun depan. Target utama pelabuhan terbesar ini khusus untuk kegiatan ekspor dan impor otomotif.

Untuk menggenjot pembangunan infrastruktur, kemampuan permodalan lantas menjadi tantangan besar. Keterlibatan pihak swasta menjadi penunjang untuk mendukung proyek strategis nasional. Presiden Jokowi menyatakan pemerintah berkomitmen membongkar segala penghambat iklim investasi.

Sebagai salah satu pelaku usaha PT Karya Citra Nusantara atau KCN mendukung pernyataan presiden, jika iklim investasi di negeri ini harus didorong.

PT KCN adalah pengelola pelabuhan marunda. Pelabuhan ini dibiayai dari dana non-APBN.

Peran pelabuhan marunda adalah sebagai pelabuhan penunjang Tanjung Priok. Keberadaan Pelabuhan Marunda mampu memangkas waktu tunggu atau dwelling time pelabuhan di kawasan Jakarta, dari semula enam hari menjadi tiga hari saja.

Di periode kedua pemerintahannya, Presiden Joko Widodo berkomitmen melanjutkan pembangunan infrastruktur penghubung kawasan produksi dan distribusi. Hal ini demi mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat.

Pembangunan infrastruktur yang tengah dipercepat diantaranya adalah pelabuhan. Presiden Jokowi mengakui tidak semua infrastruktur dibiayai APBN. Bagaimana menjawab tantangan pembiayaan yang kreatif dengan membuka ruang pihak swasta mengejar percepatan infrastruktur?

Saat ini sudah hadir di Menara Kompas TV, Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara, Widodo Setiadi.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
17:32
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB    HOTLINE EMERGING OPERATION CENTER (EOC) VIRUS KORONA KEMENKES: 021-5210411 DAN 081212123119   CEGAH PENULARAN VIRUS KORONA DENGAN MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)   MENLU RETNO MARSUDI BERTEMU DIRJEN WHO TEDROS ADHANOM GHEBREYESUS DI GENEVA, SWISS, BAHAS VIRUS KORONA   PEMKAB NATUNA TIDAK KEBERATAN DAERAHNYA KEMBALI JADI TEMPAT OBSERVASI BAGI WNI DARI KAPAL PESIAR DIAMOND PRINCESS   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TARGETKAN PENYULUHAN KELOMPOK USAHA PADA 2020   KETUA KPK FILRI BAHURI TERBITKAN 51 SURAT PERINTAH PENYELIDIKAN BARU   BNN TETAPKAN 5 TERSANGKA TERKAIT PENGGEREBEKAN PABRIK NARKOTIKA DI BANDUNG, JAWA BARAT   KPK TEMUKAN ASET PEMDA YANG TIDAK MEMILIKI BUKTI KEPEMILIKAN DALAM SAFARINYA KE PEMPROV KEPULAUAN RIAU   TERENDAM BANJIR, DIREKTUR RSCM LIES DINA LIASTUTI: PERBAIKAN ALAT TOMOTERAPI PERLU WAKTU SEKITAR SATU MINGGU   DIREKTUR RSCM LIES DINA LIASTUTI SEBUT 7 ALAT MEDIS TERENDAM BANJIR, SALAH SATUNYA ALAT CANGGIH TOMOTERAPI   MENKES SEBUT WNI DI DIAMOND PRINCESS YANG POSITIF TERJANGKIT VIRUS KORONA BERTAMBAH MENJADI 9 ORANG   WAPRES MA'RUF AMIN BPPT PUNYA AGENDA RISET DAN INOVASI YANG TERKONEKSI DUNIA USAHA