HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional sapa indonesia

Obsesi Pemerintahan Jokowi Bangun Infrastruktur untuk Masa Depan Indonesia

Sabtu, 28 Desember 2019 | 01:53 WIB

Infrastruktur dan konektivtias maritim menjadi cita-cita yang diharapkan pemerintahan Jokowi bisa menjadi masa depan Indonesia.

Di kawasan Jawa Barat, pemerintah membangun Pelabuhan Patimban di wilayah Subang yang akan segera beroperasi tahun depan. Target utama pelabuhan terbesar ini khusus untuk kegiatan ekspor dan impor otomotif.

Untuk menggenjot pembangunan infrastruktur, kemampuan permodalan lantas menjadi tantangan besar. Keterlibatan pihak swasta menjadi penunjang untuk mendukung proyek strategis nasional. Presiden Jokowi menyatakan pemerintah berkomitmen membongkar segala penghambat iklim investasi.

Sebagai salah satu pelaku usaha PT Karya Citra Nusantara atau KCN mendukung pernyataan presiden, jika iklim investasi di negeri ini harus didorong.

PT KCN adalah pengelola pelabuhan marunda. Pelabuhan ini dibiayai dari dana non-APBN.

Peran pelabuhan marunda adalah sebagai pelabuhan penunjang Tanjung Priok. Keberadaan Pelabuhan Marunda mampu memangkas waktu tunggu atau dwelling time pelabuhan di kawasan Jakarta, dari semula enam hari menjadi tiga hari saja.

Di periode kedua pemerintahannya, Presiden Joko Widodo berkomitmen melanjutkan pembangunan infrastruktur penghubung kawasan produksi dan distribusi. Hal ini demi mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat.

Pembangunan infrastruktur yang tengah dipercepat diantaranya adalah pelabuhan. Presiden Jokowi mengakui tidak semua infrastruktur dibiayai APBN. Bagaimana menjawab tantangan pembiayaan yang kreatif dengan membuka ruang pihak swasta mengejar percepatan infrastruktur?

Saat ini sudah hadir di Menara Kompas TV, Direktur Utama PT Karya Citra Nusantara, Widodo Setiadi.

Penulis : Reny Mardika



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:06
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB    HOTLINE EMERGING OPERATION CENTER (EOC) VIRUS KORONA KEMENKES: 021-5210411 DAN 081212123119   CEGAH PENULARAN VIRUS KORONA DENGAN MENERAPKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS)   SEBANYAK 59 WARGA FILIPINA DI KAPAL DIAMOND PRINCESS POSITIF TERINFEKSI VIRUS    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD TEGASKAN PEMERINTAH TERUS BERUPAYA BEBASKAN 5 WNI YANG DICULIK KELOMPOK ABU SAYYAF   KEPALA BNPB DONI MONARDO SEBUT BANJIR DI SEJUMLAH WILAYAH DKI JAKARTA DISEBABKAN PENURUNAN MUKA TANAH   PEMKOT BOGOR MENDAPAT BANTUAN RP 36 MILIAR DARI PEMPROV DKI JAKARTA UNTUK BANGUN SUMUR RESAPAN ATASI BANJIR   KETUA DPR PUAN MAHARANI MENILAI PEMERINTAH TIDAK MAKSIMAL SOSIALISASIKAN "OMNIBUS LAW" RUU CIPTA KERJA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: PEMERINTAH AKAN EVAKUASI WNI ABK WORLD DREAM KE PULAU SEBARU, KEPULAUAN SERIBU   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY: PEMERINTAH UTAMAKAN PRINSIP KEHATI-HATIAN TANGANI PEMULANGAN WNI DI DIAMOND PRINCESS   WAKIL KETUA KOMISI III DPR A SAHRONI MENDORONG POLRI DAN BNN MANFAATKAN PON UNTUK KAMPANYE ANTINARKOBA    MENTERI KEUANGAN DAN GUBERNUR BANK SENTRAL G20 AKAN LONGGARKAN KEBIJAKAN MONETER HADAPI WABAH VIRUS KORONA   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN MINTA KAJATI BINA KADES DALAM MENGELOLA DANA DESA