HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Yang Hilang Dari TIM - SINGKAP

Minggu, 22 Desember 2019 | 15:00 WIB

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki yang sedang dalam tahap pembangunan menuai kontroversi, beberapa waktu lalu beredar video diskusi yang berlangsung panas. Pembahasan rancangan revitalisasi TIM nyatanya daoat penolakan dari sejumlah seniman karena tidak melibatkan seniman. Pengadaan hotel berbintang lima dalam area Taman Ismail Marzuki, menjadi inti kemarahan sejumlah seniman. Kontroversi ini membuat DPRD DKI Jakarta akan memangkas dana penyertaan modal daerah atau PMD pembangunan TIM dan melarang berdirinya bangunan hotel.

Lepas dari kontroversi revitalisasi gedung TIM, kita patut menilik sejarah berdirinya gedung ini yang diinisiasi oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin kala itu yang diresmikan tahun 1968. Gedung TIM juga selalu melekat dengan keberadaan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin yang sudah menjadi bagian TIM sejak tahun 1977. Sebelum peresmiannya Gubernur Ali Sadikin sempat menyerahkan segala kepengurusan gedung TIM kepada dewan bentukannya yaitu Dewan Kesenian Jakarta. DKJ bertugas sebagai mitra gubernur untuk merumuskan kebijakan serta merencanakan berbagai program yang mendukung kesenian yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Berbicara gedung TIM pasti sangat membekas bagi seniman-seniman melegenda yang lahir dan tumbuh berkembang di TIM. Sebut saja kelompok seni teater, Teater Koma yang sejak awal berdiri dan perjalanannya dalam berkesenian selalu menggunakan gedung TIM sejak tahun 1977. Ratna Riantiarno salah satu pendiri dan juga aktris dari seni teater tersebut berbagi cerita bagaimana TIM menjadi saksi berjayanya kesenian teater kala itu. Selain dari kesenian teater, tak sedikit pula sastrawan yang lahir dan mencicipi gemerlap panggung TIM untuk menyuarakan karya. Salah satunya adalah Sutardji Calzoum Bachri, saeorang sastrawan yang telah melantukan goresan penanya dipanggung TIM sejak tahun 1970-an.

#TIM #TamanIsmailMarzuki

Penulis : Yudho Priambodo



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:54
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   DINAS SUMBER DAYA AIR DKI KERAHKAN 8.000 PETUGAS TANGANI BANJIR JAKARTA   PRESIDEN JOKO WIDODO SIAPKAN INSTRUMEN FISKAL UNTUK ATASI DAMPAK PENYEBARAN VIRUS KORONA TERHADAP PEREKONOMIAN   KETUA PANJA JIWASRAYA ARIA BIMA AKAN GELAR RAPAT PANJA GABUNGAN BAHAS PENYEHATAN ASURANSI JIWASRAYA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI: PARIWISATA INDONESIA RUGI 500 JUTA DOLLAR AS KARENA VIRUS KORONA   MENKO KEMARITIMAN DAN INVESTASI: PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG BISA TERTUNDA KARENA VIRUS KORONA   WABAH VIRUS KORONA DI KORSEL, ANGGOTA KOMISI IX DPR SALEH PARTAONAN: KESELAMATAN WNI HARUS DIPRIORITASKAN   KETUA TIM INFEKSI KHUSUS: TIGA PASIEN YANG DIISOLASI DI RS HASAN SADIKIN BANDUNG NEGATIF KORONA   KEMENTERIAN BUMN BANTAH AKAN SUNTIK ASURANSI JIWASRAYA RP 15 TRILIUN UNTUK MEMBAYAR KLAIM NASABAH   BPBD: BANJIR DI JABAR MELANDA KABUPATEN KARAWANG, BEKASI, DAN KOTA BEKASI   GUBERNUR JATIM INGATKAN PENERIMA DANA DESA TAHAP PERTAMA MEREALISASIKAN DANA DESA UNTUK KEGIATAN PADAT KARYA TUNAI   KAPOLDA METRO JAYA IRJEN NANA SUDJANA: 782 KELUARGA TERDAMPAK BANJIR DI PERIUK, KOTA TANGERANG   PEMKOT BEKASI SEBUT BANJIR DISEBABKAN DIBERHENTIKANNYA PROYEK NORMALISASI SUNGAI