HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

Yang Hilang Dari TIM - SINGKAP

Minggu, 22 Desember 2019 | 15:00 WIB

Revitalisasi Taman Ismail Marzuki yang sedang dalam tahap pembangunan menuai kontroversi, beberapa waktu lalu beredar video diskusi yang berlangsung panas. Pembahasan rancangan revitalisasi TIM nyatanya daoat penolakan dari sejumlah seniman karena tidak melibatkan seniman. Pengadaan hotel berbintang lima dalam area Taman Ismail Marzuki, menjadi inti kemarahan sejumlah seniman. Kontroversi ini membuat DPRD DKI Jakarta akan memangkas dana penyertaan modal daerah atau PMD pembangunan TIM dan melarang berdirinya bangunan hotel.

Lepas dari kontroversi revitalisasi gedung TIM, kita patut menilik sejarah berdirinya gedung ini yang diinisiasi oleh Gubernur Jakarta Ali Sadikin kala itu yang diresmikan tahun 1968. Gedung TIM juga selalu melekat dengan keberadaan Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin yang sudah menjadi bagian TIM sejak tahun 1977. Sebelum peresmiannya Gubernur Ali Sadikin sempat menyerahkan segala kepengurusan gedung TIM kepada dewan bentukannya yaitu Dewan Kesenian Jakarta. DKJ bertugas sebagai mitra gubernur untuk merumuskan kebijakan serta merencanakan berbagai program yang mendukung kesenian yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Berbicara gedung TIM pasti sangat membekas bagi seniman-seniman melegenda yang lahir dan tumbuh berkembang di TIM. Sebut saja kelompok seni teater, Teater Koma yang sejak awal berdiri dan perjalanannya dalam berkesenian selalu menggunakan gedung TIM sejak tahun 1977. Ratna Riantiarno salah satu pendiri dan juga aktris dari seni teater tersebut berbagi cerita bagaimana TIM menjadi saksi berjayanya kesenian teater kala itu. Selain dari kesenian teater, tak sedikit pula sastrawan yang lahir dan mencicipi gemerlap panggung TIM untuk menyuarakan karya. Salah satunya adalah Sutardji Calzoum Bachri, saeorang sastrawan yang telah melantukan goresan penanya dipanggung TIM sejak tahun 1970-an.

#TIM #TamanIsmailMarzuki

Editor : Yudho Priambodo



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
22:30
PEMPROV BENGKULU BUAT APLIKASI E-NGADU UNTUK BERANTAS KORUPSI, IDENTITAS PELAPOR DIRAHASIAKAN   KPK MENGAPRESIASI PEMPROV JABAR DALAM MENETAPKAN DATA PENERIMA BANTUAN SOSIA TAHAP DUA   MENDESA ABDUL HALIM ISKANDAR MENYATAKAN 97 PERSEN DESA TELAH SALURKAN BLT DANA DESA   KEMENTERIAN PPPA: PAPARAN RADIKALISME DAN AJARAN TERORISME DAPAT MEMBUAT ANAK KELIRU PAHAMI AGAMA    KEMENKES: JUMLAH ANGGARAN INSENTIF TENAGA KESEHATAN SUDAH TEREALISASI SEBESAR RP 278 MILIAR    KEMENKES KLAIM TELAH MEMBERIKAN INSENTIF PADA 166.029 ORANG TENAGA KESEHATAN    DINKES JABAR MINTA ORANGTUA UTAMAKAN PENCEGAHAN KORONA TERHADAP ANAK SELAMA MASA "NEW NORMAL"   PSBB TRANSISI, PEMPROV DKI IZINKAN GELANGGANG REKREASI DAN OLAHRAGA BEROPERASI KEMBALI MULAI 12 JULI 2020   JAM OPERASIONAL TRANSPORTASI UMUM DI KOTA TANGERANG DIPERPANJANG DARI PUKUL 20.00 WIB MENJADI 22.00 WIB   HINGGA 8 JULI 2020, DINKES KOTA BEKASI MENYATAKAN DELAPAN RW MASIH BERADA DI ZONA MERAH KORONA   9 KARYAWAN POSITIF KORONA, PABRIK PENGOLAHAN KAYU DI PROBOLINGGO, JATIM, DITUTUP & 3.600 PEKERJA DIRUMAHKAN   PEMKOT JAKTIM AKAN TANDAI HEWAN KURBAN YANG TAK LAYAK DENGAN "PYLOX" WARNA MERAH   JELANG IDUL ADHA, PEMKOT JAKTIM IMBAU WARGA TAK POTONG HEWAN KURBAN DI WILAYAH ZONA MERAH KORONA   WAPRES MA'RUF AMIN NILAI PENDIDIKAN DARING SELAMA PANDEMI TAK OPTIMAL KARENA TERKENDALA JARINGAN INTERNET