Kompas TV nasional sapa indonesia

Kontroversi Hukuman Mati Koruptor, Amnesty International: Tidak Membawa Efek Jera

Kamis, 12 Desember 2019 | 12:14 WIB

Pernyataan Presiden Joko Widodo soal kemungkinan penerapan aturan hukuman mati untuk koruptor yang bertepatan perayaan hari antikorupsi sedunia Senin (9/12/2019) lalu bersambut pro dan kontra.

Banyak yang mengamini pernyataan presiden sebagai sikap tegas pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan hukuman mati tidak dilarang dalam agama asal diterapkan dengan syarat-syarat ketat. Antara lain untuk kasus pidana tertentu dan jika sulit diatasi atau tidak ada jalan lain dalam memberikan efek jera.

Pernyataan presiden mengenai perlunya hukuman mati untuk koruptor menuai polemik luas. Selain yang mendukung banyak pula yang mempertanyakan apakah hukuman mati akan menjerakan koruptor? Dan bagaimana menjawab praktik hukuman mati yang dinilai melanggar hak asasi manusia?

Telah hadir Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid dan tenaga Ahli Utama Di Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin. Ada juga pakar hukum pidana sekaligus mantan hakim yang pernah menjatuhkan vonis mati Asep Iwan Iriawan.

#HukumanMati #Koruptor #PresidenJokowi

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:17
JUBIR SATGAS COVID-19 JAMBI SEBUT TEMPAT ISOLASI PASIEN TANPA GEJALA PENUH    TAK ADA PENAMBAHAN TPS, KPU TANGSEL GILIR JADWAL KEDATANGAN PEMILIH UNTUK HINDARI KERUMUNAN    KPU TANGERANG SELATAN TAK BERENCANA TAMBAH JUMLAH TPS PADA PILKADA 2020    MENKO PMK SEBUT SAAT INI PEMERINTAH MULAI UBAH STRATEGI PEMBANGUNAN KESEHATAN   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA SUSUN PROTOKOL KHUSUS CEGAH MUNCULNYA KLASTER KELUARGA   PANDEMI KORONA, MENTERI PPPA MINTA ORANGTUA SELALU BERSIHKAN DIRI SAAT TIBA DI RUMAH   BALAI BESAR TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU: JALUR PENDAKIAN GUNUNG SEMERU DIBUKA 1 OKTOBER 2020   DINAS PERTANIAN GARUT, JABAR, DORONG PENGEMBANGAN PRODUKSI KOPI WINE   KETUA SATGAS COVID-19: ORANG TERDEKAT BERPOTENSI MENJADI PENULAR COVID-19   KEMENPERIN RUMUSKAN SNI MASKER KAIN UNTUK LINDUNGI KONSUMEN SECARA OPTIMAL DARI COVID-19   KPU KABUPATEN BANDUNG DORONG KAMPANYE TIGA PASLON SECARA DARING   MENKO PMK MINTA PARA DOKTER YANG TANGANI PASIEN COVID-19 UTAMAKAN KESELAMATAN PRIBADI   BPOM TEMUKAN 50.000 TAUTAN IKLAN PENJUAL PRODUK MAKANAN DAN OBAT ILEGAL SELAMA PANDEMI KORONA   BARESKRIM POLRI MUSNAHKAN 10 HEKTAR LADANG GANJA DI SEULIMEUM, ACEH BESAR