Kompas TV nasional kompas petang

UN Dihapus, Ma'ruf Amin Beri Tanggapan

Kompas.tv - 11 Desember 2019, 20:00 WIB
Penulis : Reny Mardika

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, memutuskan untuk menghapus ujian nasional mulai tahun 2021. Nadiem mengatakan Ujian Nasional atau UN diganti dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter.

Nadiem menjelaskan penghapusan ujian nasional didasari atas materi UN yang padat dan siswa hanya berfokus pada hafalan materi dan bukan kompetensi. UN juga dinilai telah menjadi beban bagi siswa.

Nadiem mengatakan UN yang selama ini menjadi tolak ukur penilaian akan diubah. Ia menyebut asesmen kompetensi minimum dan survei karakter sebagai pengganti UN akan mampu memetakan sekolah berdasar kompetensi minimum yang disiapkan.
Wakil Presiden Maruf Amin menanggapi rencana penghapusan Ujian NASIONAL mulai 2021. Maruf meminta mendikbud memikirkan parameter atau tolak ukur penilaian siswa setelah ujian nasional dihapus nanti.

Wakil Presiden Maruf Amin menegaskan, mendikbud tetap harus memikirkan sistem pengganti yang akan menjadi alat ukur berhasil atau tidaknya pendidikan di tiap-tiap daerah. Menurutnya penetapan alat ukur ini penting untuk dijadikan penilaian trerkait pengembangan kualitas sekolah di berbagai daerah.

#UNDihapus #MendikbudHapusUN #UjianNasionalDihapus



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x