Kompas TV nasional aiman

Jabar Terbanyak Gangguan Jiwa Karena Gadget | Tersulut Gawai, Terganggu Jiwa AIMAN (5)

Jumat, 1 November 2019 | 22:10 WIB

Seiring perkembangan zaman, keberadaan gawai seolah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Rasa canggung dan “mati gaya” pun menghinggap, jika tangan tidak menggengam gawai. Ini karena gawai telah menjadi kebutuhan. Berguna untuk membantu pekerjaan, hingga mencari hiburan. Namun, kehadirannya memunculkan efek candu. Candunya bisa menyebabkan gangguan jiwa.

Awal bulan ini, masyarakat dikejutkan dengan fakta Rumah Sakit Jiwa ternyata telah menangani ratusan anak pecandu gadget. Fenomena baru ini muncul sejak masifnya kehadiran gimonlinedan media sosial di perangkat telepon pintar (smartphone). Rata-rata dalam sebulan, rumah sakit jiwa menerima dua hingga puluhan pasien pecandu gawai berusia anak dan remaja. Jumlahnya terus meningkat. Tiap hari ada saja pasien yang yang dating berobat akibat kecanduan gawai. Bagaimana ini bisa terjadi?

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono mendatangi salah satu Rumah Sakit Jiwa yang menangani pasien candu gawai terbanyak, yaitu RSJ Cisarua di Jawa Barat. Aiman akan melihat bagaimana penanganan pasien pecandu gawai dan berbincang dengan dokter ahli kejiwaan untuk mengetahui bagaimana ciri anak penderita gangguan kejiwaan akibat candu gawai dan bagaimana pencegahannya.

#AIMAN #GangguanJiwa #Gadget

Editor : Novian Zainul Arifin



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:21
WEBINAR KOMPAS INSTITUTE "INVESTASI KALA RESESI" BERSAMA MOHAMAD ANDOKO. DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   MANCHESTER UNITED AKAN MENJAMU ARSENAL DALAM PEKAN KE TUJUH LIGA INGGRIS PADA MINGGU, 1 NOVEMBER 2020   SUKARELAWAN PETUGAS PEMAKAMAN JENAZAH PASIEN KORONA DI JAYAPURA PERTANYAKAN UANG LELAH YANG BELUM DIBAYAR   HINGGA 30 OKTOBER 2020, JUMLAH KASUS KORONA DI NUSA TENGGARA TIMUR: 679 POSITIF, 498 SEMBUH, 7 MENINGGAL DUNIA   DINKES NTT: KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN (TTS), LEMBATA, ENDE, DAN SABU RAIJUA NIHIL KASUS KORONA   SEBANYAK 16 NARAPIDANA LAPAS KELAS II A PEKANBARU, RIAU, POSITIF TERINFEKSI KORONA, SEORANG DI ANTARANYA MENINGGAL   DINKES CIANJUR, JABAR: SELAMA PANDEMI KORONA, 40 TENAGA KESEHATAN DI CIANJUR TERINFEKSI COVID-19   BPBD SUKABUMI: 90 RUMAH DI DESA TUGUBANDUNG RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG, TIDAK ADA KORBAN JIWA   GUBERNUR GANJAR PRANOWO MENAIKKAN UMP JATENG 2021 MENJADI RP 1.798.979 ATAU NAIK 3,27% DARI UMP 2020 SEBESAR RP 1.742.015   DIREKTUR PENGUPAHAN KEMENAKER DINAR TITUS JOGASWITANI SEBUT 28 PROVINSI SETUJU UPAH MINIMUM 2021 TIDAK NAIK   JASA MARGA: VOLUME KENDARAAN DI RUAS TOL SOLO-NGAWI NAIK 57% SELAMA 27-29 OKTOBER 2020   PREDIKSI PUNCAK ARUS BALIK 1 NOVEMBER 2020, JASA MARGA IMBAU PENGGUNA TOL PULANG LEBIH AWAL   DITLANTAS POLDA METRO JAYA MENGKLAIM ADA PENURUNAN JUMLAH KECELAKAAN LALU LINTAS DI JAKARTA SELAMA LIBUR PANJANG   PT KAI: 30.470 PENUMPANG BERANGKAT DARI STASIUN GAMBIR, PASAR SENEN, & JAKARTA KOTA SELAMA 27-30 OKTOBER 2020