Kompas TV nasional berita kompas tv

Usai dikunjungi Komisi III, Komjen Idham Azis Lanjut Fit and Proper Test Di DPR

Kompas.tv - 30 Oktober 2019, 13:51 WIB
Penulis : Deni Muliya

Dalam hitungan jam, Komisaris Jenderal (Komjen) Idham Azis diperkirakan akan langsung ditetapkan sebagai Kapolri.

Tentunya setelah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang digelar di ruang rapat Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, siang hari ini, Rabu (30/10/2019).

Pernyataan itu disampaikan Ketua Komisi III DPR, Herman Hery, sesaat setelah mengunjungi rumah kediaman Idham Azis bersama rombongan di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan.

Di rumah kediaman Idham itu, pihak Komisi III DPR berdiskusi dengan istri dan anak-anak Idham Azis terkait keluarga dan latar belakang kehidupan pribadinya.

“Kami sudah mewawancarai calon Kapolri Komjen Idham Azis selama 90 menit. Kehidupan beliau dan keluarganya sangat baik dan patut dicontoh bagi keluarga besar kepolisian republik Indonesia,” ujar Herman Hery, usai berdialog dengan Idham Azis dan keluarganya.

Selain dari keluarga, Komisi III juga akan terima masukan dari masyarakat terkait rekam jejak Idham Azis.

Presiden Jokowi menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang menjabat Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju.

DPR telah menerima surat Presiden Jokowi soal pengajuan Idham Azis sebagai Kapolri pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Komjen Idham Azis tak banyak berkomentar usai dialog bersama Komisi III DPR.

“Saya tidak bisa memberi komentar banyak dulu, karena mau lanjut fit and proper test. Saya memohon doa restu teman-teman semua, seluruh masyarakat Indonesia. Semoga pelaksanaan fit and proper test saya bisa berjalan mulus dan diridhoi Allah SWT,” tutup Idham.

Herman Hery menambahkan, setelah ditetapkan sebagai Kapolri, pengesahan pencalonan Komjen Idham Azis akan dilakukan di Rapat Paripurna DPR besok, Kamis (31/10/2019).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x