Kompas TV nasional berita kompas tv

Investigasi Komnas HAM: Korban 21-22 Mei Bukan dari Tembakan Polisi

Selasa, 29 Oktober 2019 | 21:10 WIB

Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat tepatnya di depan Kantor Badan Pengawas Pemilu menjadi saksi peristiwa kerusuhan 21 dan 22 Mei lalu. Jika dilihat kembali pada hari itu unjuk rasa warga sebelumnya berlangsung damai. Namun saat hari mulai gelap kerusuhan pecah. Tak hanya di depan Kantor Bawaslu.

Di titik lain sekitar Petamburan, Slipi dan wilayah lain di luar Jakarta. Yang menyebabkan adanya korban tewas. Lima bulan pasca-peristiwa itu Komnas HAM menyampaikan hasil investigasinya.

Satu temuan Komnas HAM adalah ada 10 orang tewas dalam kerusuhan 21-22 Mei. Sebagian besar meninggal karena tembakan peluru tajam. Namun komnas ham menyebut peluru itu tidak berasal dari personel polisi. Mereka menduga ada aktor terorganisir di balik tewasnya korban.

10 orang yang meninggal, 9 di antaranya karena peluru tajam. Di antara 9 korban itu satu orang adalah korban di Pontianak, Kalimantan Barat. Sementara itu ada 1 orang lainnya meninggal karena benda tumpul. Investigasi Komnas HAM juga menyangkut laporan orang hilang. Ada 32 orang yang sebelumnya dilaporkan hilang namun sudah ditemukan.

#Demo21Mei #KomnasHAM #KorbanTembak

Editor : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:38
DISKON 50% BELANJA BUKU, KAOS, DAN KOMPAS DIGITAL DI GERAI KOMPAS. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/HEMATSATU   RUSIA KIRIM 5 PESAWAT BERISI BANTUAN KEMANUSIAAN KE LEBANON PASCA-LEDAKAN DI PELABUHAN BEIRUT   JELANG HUT KE-75 RI, PEMPROV BENGKULU AKAN MEMBERIKAN SANKSI BAGI WARGANYA YANG TAK PASANG BENDERA MERAH PUTIH   PEMKOT AMBON, MALUKU, WAJIBKAN ASN TES "SWAB" SETIAP BULAN GUNA CEGAH KLASTER PERKANTORAN   BUPATI POLEWALI MANDAR, SULBAR, ANDI IBRAHIM MASDAR, BERKANTOR DI TEMPAT TERBUKA KARENA KHAWATIR TERTULAR KORONA   PEKAN DEPAN, SD DAN SMP DI KOTA MALANG AKAN DIBUKA UNTUK SIMULASI MESKI MASIH BERSTATUS ZONA MERAH   SEKRETARIS BAPPEDA KALSEL, HADI PURWANTO, MENINGGAL DUNIA KARENA TERINFEKSI KORONA   KOALISI BURUH MIGRAN BERDAULAT SEBUT BP3TKI MAKASSAR TAK SIAP TAMPUNG RIBUAN TKI YANG DIDEPORTASI DARI MALAYSIA   POLRES DEPOK AKAN BERLAKUKAN SISTEM ELEKTRONIK PADA SEPTEMBER 2020   AKAN MAJU PILKADA, MUHAMAD RESMI MUNDUR DARI JABATAN SEKDA TANGSEL   MENHUB BUDI KARYA SUMADI SEBUT KEMACETAN DI PERKOTAAN SANGAT BERDAMPAK PADA PEREKONOMIAN INDONESIA   PENUTUPAN OPERASI PATUH JAYA, 1.169 PENGENDARA DI KOTA TANGERANG KENA TILANG   POLISI SEBUT PENGENDARA SEPEDA MOTOR JADI PELANGGAR TERBANYAK DALAM OPERASI PATUH JAYA DI JAKARTA TIMUR   SEBANYAK 93 PENGENDARA KENA TEGUR DALAM SOSIALISASI GANJIL-GENAP DI JALAN GUNUNG SAHARI, JAKARTA UTARA