HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / singkap

PDRI, Benteng Terakhir Republik - SINGKAP

Minggu, 27 Oktober 2019 | 15:31 WIB

Sebuah kabinet darurat pernah terbentuk di negeri ini pasca serangan serentak yang dilakukan oleh pasukan Belanda ke sejumlah wilayah di tanah air pada tanggal 19 Desember 1948. Belanda mengincar kota Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan Indonesia saat itu. Dalam hitungan jam, Yogyakarta dikuasai oleh Belanda. Hampir seluruh pemimpin negeri ditawan dan diasingkan oleh Belanda. Peristiwa ini dikenal dengan Agresi Militer Belanda II. Mandat untuk meneruskan tugas pemerintahan pun diberikan kepada Menteri Kemakmuran Republik Indonesia, Syafrudin Prawirangera. Secara kebetulan sejak November 1948, Syarifudin Prawiranegara berada di Bukittinggi untuk meninjau keadaan kemakmuran di wilayah Sumatera. Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pun dibentuk pada tanggal 22 Desember 1948. Munculnya PDRI sebagai pengganti roda pemerintahan Yogyakarta membuat dunia internasional menganggap negara Republik Indonesia masih ada.

Pemancar Radio YBJ-6 menjadi sangat penting pasca diputusnya komunikasi Indonesia dengan dunia luar. Tim YBJ-6 menghubungi pemancar radio VWX-2 milik pemerintah India melalui saluran morse radio yang baru direspon tiga hari setelah usaha tersebut. Belanda pun mencari radio YBJ-6 ke pelosok Sumatera dan PDRI terus bergerilya untuk menghindari serangan pasukan Belanda. Lalu bagaimana rakyat Indonesia kembali merebut kemerdekaan Republik bangsa Indonesia?

#SINGKAP #PDRI #AGRESIMIlITER

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
03:22
GANDA PUTRA INDONESIA WAHYU NAYAKA ARYA PANGKARYANIRA/ ADE YUSUF SANTOSO MAJU KE PEREMPAT FINAL SEA GAMES 2019   DINAS KEHUTANAN SUMSEL IMBAU WARGA UNTUK TIDAK MELAKUKAN AKTIVITAS PERKEBUNAN DI DALAM HABITAT HARIMAU    JEJAK HARIMAU SUMATERA DITEMUKAN DI DEKAT PERMUKIMAN WARGA DESA KUALU NENAS, KABUPATEN KAMPAR, RIAU   OMBUDSMAN SUMUT: PEMKAB SIMALUNGUN RAIH PREDIKAT PELAYANAN PUBLIK TERBURUK 2019   ASOSIASI TRAVEL AGENT INDONESIA: PEMECATAN ARI ASKHARA SEBAGAI DIRUT GARUDA INDONESIA ADALAH TINDAKAN TEPAT   MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO: PROYEK PEMBANGUNAN "FLYOVER" SIMPANG GAPLEK PAMULANG SUDAH 20%   PT MRT JAKARTA SIAP JIKA DITUGASKAN MENGERJAKAN PROYEK PERPANJANGAN RUTE HINGGA TANGERANG SELATAN   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA SELURUH PEMDA CERMATI NAIKNYA TITIK API UNTUK CEGAH TERJADINYA KARHUTLA   WAMENAG ZAINUT TAHUHID SA'ADI PASTIKAN KEMENAG BERPIHAK KEPADA KORBAN PENIPUAN FIRST TRAVEL   SOAL FIRST TRAVEL, WAMENAG ZAINUT TAUHID SA'ADI AKAN MEMFASILITASI AGAR UANG JEMAAH KEMBALI   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMDA ANGGARKAN POS KHUSUS UNTUK PENCEGAHAN KARHUTLA DALAM APBD   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT DIRUT BANK MANDIRI YANG BARU BERASAL DARI KALANGAN INTERNAL   MENTERI BUMN ERICK THOHIR TELAH MENGANTONGI NAMA YANG AKAN DITUNJUK SEBAGAI DIRUT BANK MANDIRI    WAPRES MA'RUF AMIN: 10% PANGSA PASAR PRODUK HALAL DI DUNIA ADA DI INDONESIA DENGAN TOTAL 214 MILIAR DOLLAR AS