HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional singkap

PDRI, Benteng Terakhir Republik - SINGKAP

Minggu, 27 Oktober 2019 | 15:31 WIB

Sebuah kabinet darurat pernah terbentuk di negeri ini pasca serangan serentak yang dilakukan oleh pasukan Belanda ke sejumlah wilayah di tanah air pada tanggal 19 Desember 1948. Belanda mengincar kota Yogyakarta sebagai pusat pemerintahan Indonesia saat itu. Dalam hitungan jam, Yogyakarta dikuasai oleh Belanda. Hampir seluruh pemimpin negeri ditawan dan diasingkan oleh Belanda. Peristiwa ini dikenal dengan Agresi Militer Belanda II. Mandat untuk meneruskan tugas pemerintahan pun diberikan kepada Menteri Kemakmuran Republik Indonesia, Syafrudin Prawirangera. Secara kebetulan sejak November 1948, Syarifudin Prawiranegara berada di Bukittinggi untuk meninjau keadaan kemakmuran di wilayah Sumatera. Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pun dibentuk pada tanggal 22 Desember 1948. Munculnya PDRI sebagai pengganti roda pemerintahan Yogyakarta membuat dunia internasional menganggap negara Republik Indonesia masih ada.

Pemancar Radio YBJ-6 menjadi sangat penting pasca diputusnya komunikasi Indonesia dengan dunia luar. Tim YBJ-6 menghubungi pemancar radio VWX-2 milik pemerintah India melalui saluran morse radio yang baru direspon tiga hari setelah usaha tersebut. Belanda pun mencari radio YBJ-6 ke pelosok Sumatera dan PDRI terus bergerilya untuk menghindari serangan pasukan Belanda. Lalu bagaimana rakyat Indonesia kembali merebut kemerdekaan Republik bangsa Indonesia?

#SINGKAP #PDRI #AGRESIMIlITER

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
19:00
RSUD DR SOETOMO TEMPATKAN PASIEN ASAL TIONGKOK DI RUANG ISOLASI KHUSUS MESKI TIDAK TERINFEKSI VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKOWI BERHARAP KAPAL SELAM ALUGORO JADI AWAL KEMANDIRIAN ALUTSISTA NASIONAL   GUBERNUR BENGKULU MENYATAKAN WILAYAHNYA AMAN DARI VIRUS KORONA DAN SIAGAKAN RSUD M YUNUS   DONNY ANDY S SARAGIH DIBATAL MENJADI DIRUT PT TRANSJAKARTA KARENA STATUS TERPIDANA PENIPUAN   PEMPROV DKI BATALKAN KEPUTUSAN DONNY ANDY S SARAGIH SEBAGAI DIRUT PT TRANSPORTASI JAKARTA    PEMPROV DKI JAKARTA SIAPKAN 3 RUMAH SAKIT UNTUK PASIEN DIDUGA TERINFEKSI VIRUS KORONA   KETUA KPK FIRLI BAHURI MENGATAKAN HINGGA SAAT INI TIDAK MELAKUKAN PENYADAPAN   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PEMERINTAH SIAPKAN 100 RUMAH SAKIT RUJUKAN DENGAN FASILITAS RUANG ISOLASI DI BERBAGAI DAERAH    PRESIDEN JOKOWI MINTA MENKES TERAWAN AGUS PUTRANTO MENGANTISIPASI WABAH VIRUS KORONA ASAL TIONGKOK    KOMNAS HAM MENILAI PEMBENTUKAN DEWAN KEAMANAN NASIONAL OLEH PEMERINTAH SAMA DENGAN KOPKAMTIB MASA ORBA    PRESIDEN JOKOWI: KITA HARUS FOKUS TERHADAP PEMBENAHAN EKOSISTEM INDUSTRI PERTAHANAN   RAPAT DI PT PAL, PRESIDEN JOKOWI INGIN INDONESIA LEPAS DARI KETERGANTUNGAN IMPOR   TIGA ROKET MENGHANTAM KAWASAN KEDUBES AMERIKA SERIKAT DI BAGHDAD, IRAK    DINKES DKI JAKARTA BUKA SAMBUNGAN TELEPON 24 JAM UNTUK TERIMA LAPORAN VIRUS KORONA