Kompas TV TALKSHOW polling

POLLING #3: Hati-hati di Socmed, Jempolmu Harimaumu!

Kompas.tv - 20 Oktober 2019, 20:00 WIB
Penulis : Yudho Priambodo | Editor : Sadryna Evanalia

Literasi digital menjadi kebutuhan mendesak bagi masyarakat saat ini. Sebab kemajuan teknologi yang tidak diimbangi oleh kecerdasan dalam menggunakan perangkat teknologi modern ini akan memberikan dampak buruk bagi peradaban manusia.

Jika dulu orang memberikan istilah literasi sebagai "melek huruf", namun terminologi tersebut kini lebih meluas dan berkembang seiring dengan tuntutan teknologi yang mengiringinya.

Literasi atau 'literature' dalam istilah latin, 'letter' dalam bahasa Inggris mendeskripsikan literasi sebagai dasar dari pengetahuan manusia yang terus berkembang.

Sedangkan digital berasal dari kata Digitus, yang dalam bahasa Yunani berarti jari jemari, sebuah penggambaran kemajuan teknologi komputer dan informatika dewasa ini yang keypad-oriented alias serba "tekan tombol".

Pentingnya literasi digital juga akan berdampak pada pengurangan penyebaran hoax. Seperti apa literasi digital kini di masyarakat, content creator KompasTV akan membahasnya bersama pengamat digital Shafiq Pontoh di "Polling" episode 3.

#Podcast #Hoax #LiterasiDigital



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x