Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ini Dia Camilan Sehat dari Limbah Duri Ikan

Rabu, 16 Oktober 2019 | 13:10 WIB

Sejumlah anak ini sedang menikmati camilan dari olahan limbah duri ikan tuna. makanan yang diberi nama kremesan tulang ikan ini merupakan produk dari Prihatin, seorang ibu rumah tangga di Kota Blitar, Jawa Timur.

Berawal dari rasa keprihatinan melihat banyaknya duri ikan yang terbuang, akhirnya ibu 2 anak itu mencoba mengolahnya menjadi makanan. Untuk membuat olahan dari tulang ikan tuna, diperlukan bahan tambahan seperti telur, tepung, dan bumbu penyedap.

Dalam sekali produksi, perempuan 34 tahun itu mampu menghabiskan 2 kilogram duri ikan tuna. Selama ini, duri ikan yang diolah berasal dari limbah usaha sambel ikan tuna yang dimilikinya.

Proses pembuatan camilan tersebut juga terbilang mudah. Duri ikan terlebih dahulu dihancurkan dan disatukan dengan tepung serta bumbu yang lain. Setelah itu, barulah adonan tersebut digoreng dalam minyak yang panas.

Sejak tahun 2016 lalu, produk olahan duri ikan ini sudah terjual hampir ke seluruh wilayah Jawa Timur. Rasanya yang lezat serta kandungan gizinya yang banyak menjadi alasan tersendiri bagi para konsumen untuk membeli camilan tersebut.

Makanan duri ikan tersebut dijual dengan harga Rp ribu per kemasan. Meski terkesan mahal, namun banyaknya kalsium dan mineral yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tulang anak.

#CamilanSehat #CamilanDuriIkan #DuriIkan

Penulis : Desy Hartini





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:41
PRESIDEN BARCELONA JOAN LAPORTA: LIONEL MESSI DIPASTIKAN BERTAHAN DI BARCELONA MUSIM DEPAN   TAJ MAHAL INDIA KEMBALI DIBUKA DENGAN PENERAPAN PROKES KETAT, PENGUNJUNG DIBATASI HANYA 650 ORANG   MENAG BERENCANA TERBANG KE ARAB SAUDI PADA AKHIR AGUSTUS MENDATANG UNTUK MEMBAHAS PENYELENGGARAAN HAJI 2022    QATAR IZINKAN 80% PEGAWAI SEKTOR PUBLIK DAN SWASTA KEMBALI BEKERJA DI KANTOR MULAI 18 JUNI 2021   BPBD LEBAK PETAKAN JALUR EVAKUASI DI PESISIR SELATAN UNTUK PENYELAMATAN WARGA DARI ANCAMAN GELOMBANG TSUNAMI   KASUS COVID-19 MELONJAK, MENAKER IDA FAUZIAH MINTA PERUSAHAAN UTAMAKAN KESELAMATAN PEKERJA   KEMENTERIAN LUAR NEGERI PULANGKAN 172 ABK WNI YANG SEMPAT TERTAHAN DI FIJI   MENKO PMK: IBU HAMIL YANG TERPAPAR COVID-19 MEMILIKI RISIKO TERHADAP ANAK YANG DIKANDUNGNYA   MENKO PMK MUHADJIR EFFENDY SEBUT BEBERAPA DAERAH DI INDONESIA ALAMI LONJAKAN KASUS COVID-19   PRESIDEN JOKOWI: KITA BUTUH PERCEPATAN VAKSINASI AGAR COVID-19 BISA HILANG DARI INDONESIA   PRESIDEN JOKOWI INGIN VAKSINASI COVID-19 DIPERCEPAT DI STASIUN, TERMINAL, BANDARA, HINGGA PELABUHAN   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN PEMBANGUNAN PUSAT PENGEMBANGAN KREATIVITAS PEMUDA/PEMUDI PAPUA DIMULAI OKTOBER 2021   JUBIR SATGAS COVID-19: JANGAN AMBIL RISIKO, TAK BOLEH LALAI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   SATGAS COVID-19: VAKSIN COVID SINOVAC, ASTRAZENECA, & SINOPHARM SUDAH MENDAPATKAN IZIN PEMAKAIAN DARI WHO