HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Miris! Kisah Pria Gangguan Jiwa yang Dipasung Orangtua selama 19 Tahun

Rabu, 9 Oktober 2019 | 15:45 WIB

Tinggal seorang diri di sebuah gubuk panggung dengan kaki kanan terpasung, inilah kehidupan yang harus dijalani oleh Feda sehari-hari. Feda merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) asal Sinjai, Sulawesi Selatan. Bukan sehari dua hari ia hidup menderita akibat pemasungan, melainkan sudah 19 tahun kakinya terbelenggu.

Orangtua Feda yang tinggal tak jauh dari rumah gubuk inilah yang memutuskan untuk memasung puteranya. Khawatir akan membuat kekacauan, merusak hingga mengambil barang tetangga yang menjadi alasannya.

ODGJ berusia 31 tahun ini sempat dirawat di rumah sakit jiwa, namun tak kunjung menujukan perkembangan.

Faktor ekonomi kembali menjadi alasan membuat keluarga kembali merawatnya di rumah hingga memasungnya. Sang ayah
yang bekerja sebagai petani memiliki penghasilan tak menentu. Meski sudah belasan menderita gangguan jiwa, tak sekalipun anak ketiga dari enam bersaudara ini tersentuh bantuan dari Dinas Kesehatan setempat.

Sebelumnya, pemerintah telah mencanangkan Indonesia bebas pasung pada 2019, tetapi pemasungan orang dengan gangguan jiwa masih nyata dan banyak terjadi hingga kini.

#Pemasungan #OrangGangguanJiwa #Sinjai

Editor : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
12:44
AIRNAV INDONESIA: BENDA PUTIH DI ATAS LANGIT SOLO YANG SEMPAT VIRAL DI MEDIA SOSIAL DIDUGA BALON UDARA   BMKG MEMPREDIKSI SEJUMLAH WILAYAH JABODETABEK HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN PADA SIANG HINGGA SORE INI   PEMERINTAH ARGENTINA MEMPERPANJANG PEMBERLAKUAN "LOCKDOWN" HINGGA 7 JUNI 2020   PRESIDEN AUSTRIA MEMINTA MAAF KEPADA PUBLIK SETELAH MELANGGAR JAM MALAM UNTUK ANTISIPASI KORONA   PM INGGRIS DITEKAN BANYAK PIHAK UNTUK PECAT KEPALA STAFNYA YANG DILAPORKAN MELANGGAR "LOCKDOWN"   MENDAG MEMINTA MASYARAKAT LAPOR JIKA TEMUKAN PEDAGANG YANG JUAL GULA DENGAN HARGA MAHAL   GUGUS TUGAS KORONA MALUKU UTARA PASTIKAN SEKDA KOTA TIDORE KEPULAUAN MENINGGAL DUNIA AKIBAT KORONA   PT KCI: JUMLAH PENUMPANG KRL PADA HARI PERTAMA IDUL FITRI TURUN 90 PERSEN DIBANDING TAHUN LALU   POLISI AKAN MENYEKAT MULAI DARI JATIM HINGGA JABAR PADA SEJUMLAH TITIK DI JALUR PANTURA DAN JALUR SELATAN   KORLANTAS POLRI PASTIKAN AKAN LARANG MASYARAKAT YANG SUDAH MUDIK UNTUK KEMBALI KE JAKARTA   PEMERINTAH TEGASKAN ASN YANG KEMBALI DARI MUDIK HARUS LAMPIRKAN SURAT PERNYATAAN KAMPUNGNYA BEBAS PSBB   PEMERINTAH IMBAU MASYARAKAT YANG BERADA DI LUAR JAKARTA TAK KEMBALI SELAMA PANDEMI KORONA BERLANGSUNG   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 868 ORANG: 433 SEMBUH, 47 MENINGGAL DUNIA, DAN 388 DALAM PERAWATAN   BELI BERITA BONUS CERITA DI KDP & GRAMEDIA DIGITAL FULL PREMIUM. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETPREMIUM