Kompas TV video cerita indonesia

Canggih! Siswa SMK Olah Air Mentah Jadi Air Layak Minum

Kompas.tv - 2 Oktober 2019, 16:19 WIB
Penulis : Desy Hartini

Inilah Reverse Osmosis (RO) ciptaan sekelompok siswa SMKN 1 Sukabumi. RO mampu mengolah air mentah menjadi air siap minum. Pengolahannya tanpa melalui proses dimasak. Mesin ini punya penggerak motor dan lima unit membran.

Fungsinya sebagai saringan dengan kerapatan pori-pori 1/10.000 mikron.Virus ataupun bakteri dan juga zat berbahaya lainnya tidak bisa masuk karena tertahan oleh selaput membran sehingga air mentah yang masuk bisa aman langsung diminum.

Sistem kerja Reverse Osmosis, yaitu dengan menyedot sebuah sumber air kemudian menyaring danmengeluarkan dua saluran, di antaranya saluran air pertama mengeluarkan air kotor yang nantinya dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Selanjutnya, saluran satunya mengeluarkan air bersih yang ditampung dalam dua buah toren yang masing masing berukuran 1000 liter.

Inovasi ini muncul dari siswa karena mereka resah dengan sampah botol plastik yang setiap harinya menumpuk di sekolah. Kini para murid sekolah cukup membawa botol air dari rumah dan bisa mengonsumsinya secara gratis. Selain menghemat uang jajan, pengurangan sampah botol plastik bekas air minum kemasan pun menurun drastis di lingkungan sekolah.

Pemanfaatan air mentah layak minum ini sudah berjalan selama 4 bulan. Dengan menyediakan dua buah toren dengan kapasitas berisi 10000 liter setiap harinya bisa dimanfaatkan oleh 2000 orang.

#OlahAirMentah #ReverseOsmosis #AirLayakMinum



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x