Kompas TV klik360 cerita indonesia

Kisah Bayi 3 Hari Meninggal di Tengah Kepungan Asap Karhutla Pekanbaru

Senin, 23 September 2019 | 13:33 WIB

Duka menyelimuti Evar Warisman Zendratu dan Lasmayani Zega, warga Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Keduanya berduka atas meninggalnya bayi mereka yang baru berusia tiga hari. Sebelum meninggal, sang bayi sempat mendapat pertolongan dari bidan, akibat menderita batuk, sesak napas dan panas tinggi. Sempat dibawa ke Rumah Sakit Syafira Pekanbaru, nyawa bayi tak tertolong di tengah perjalanan.

Berdasarkan pernyataan ayah korban, sang bayi meninggal akibat terpapar kabut asap. Pemkot Pekanbaru bantah bayi meninggal terdampak asap. Sementara itu, menurut keterangan Pemerintah Kota Pekanbaru, penyebab kematian bukan akibat dampak kabut asap, melainkan penyumbatan saluran pernapasan akibat adanya air susu ibu.

Untuk meyakinkan pihak keluarga, Pemerintah Kota Pekanbaru menawarkan untuk dilakukan otopsi. Buruknya kualitas udara telah menjadi ancaman nyata dan serius bagi warga yang wilayah terdampak kabut asap. Selain infeksi saluran pernapasan atas ISPA, penyakit lain juga tentunya sedang mengancam mereka.

#karhutla #kualitasudara #kabutasap

Editor : Desy Hartini



VIDEO REKOMENDASI

BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:49
KOMISI KEJAKSAAN DUGA JAKSA PINANGKI SIRNA MALASARI PUNYA PERAN STRATEGIS DAN PENTING DALAM MEMBANTU DJOKO TJANDRA   KOMISI KEJAKSAAN AKAN PANGGIL PEJABAT KEJAGUNG YANG DIDUGA MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN DJOKO TJANDRA   KASUS KORONA MASIH TINGGI, PEMPROV DKI MENYATAKAN BELUM AKAN MEMBUKA TEMPAT HIBURAN DALAM WAKTU DEKAT   KAUKUS PEREMPUAN PARLEMEN REPUBLIK INDONESIA (KPP-RI) SEGERA USULKAN RUU PKS MASUK PROLEGNAS 2021   PASIEN POSITIF COVID-19 DI SECAPA AD HARI INI SUDAH BERKURANG 1.299 ORANG MENJADI TINGGAL SEMBILAN KASUS   DARI HASIL TES LANJUTAN PASIEN COVID-19 DI SECAPA AD, HARI INI ADA TIGA PASIEN YANG DINYATAKAN NEGATIF   WAKIL KETUA KPK NAWAWI POMOLANGO APRESIASI TRANSPARANSI & KETERBUKAAN POLRI TANGANI KASUS PELARIAN DJOKO TJANDRA    KPK AKAN IKUTI GELAR PERKARA KASUS SUAP DAN GRATIFIKASI TERKAIT PENGHAPUSAN “RED NOTICE” DJOKO TJANDRA    ERICK THOHIR: IMUNISASI MASSAL VAKSIN COVID-19 AKAN BERADA DI BAWAH KOORDINASI TNI-POLRI   ERICK THOHIR: TNI-POLRI BERTUGAS BERSAMA KEMENKES, KEMENTERIAN PENDIDIKAN, DAN PMI DALAM MELAKSANAKAN VAKSINASI   ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI UNTUK TINGKATKAN KEDISIPLINAN MASYARAKAT DALAM MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   KETUA GUGUS TUGAS PEMULIHAN COVID-19 & EKONOMI NASIONAL ERICK THOHIR: PELIBATAN TNI-POLRI BUKAN TAKUTI MASYARAKAT   JELANG HUT KE-75 KEMERDEKAAN RI, PRESIDEN JOKOWI BERIKAN ANUGERAH TANDA JASA DAN KEHORMATAN KEPADA 53 TOKOH BANGSA   MAKIN PRODUKTIF DENGAN KOMPAS DIGITAL & GRAMEDIA PREMIUM DIGITAL. AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/PAKETDIGITAL