Kompas TV nasional sapa indonesia

Wisata Edukasi di Dalam Menara Abraj Al Bait

Kompas.tv - 18 September 2019, 17:10 WIB

Setelah mendapatkan tiket pengunjung museum bisa langsung naik ke lantai 9 menara untuk mulai masuk ke gedung museum. Para pengunjung kemudian diberikan sebuah alat yang berfungsi sebagai pemandu otomatis di dalam museum. Alat pemandu itu dilengkapi dengan beragam bahasa termasuk bahasa Indonesia.

Ruang pameran utama ini terbagi menjadi 4 tema yang bertempat di 4 lantai berbeda. Di lantai 4 atau yang paling atas pengunjung bisa menikmati beragam alat peraga yang menjelaskan tentang awal mula terjadinya alam semesta. Berbagai jenis rasi bintang dan ragam galaksi juga digambarkan dengan terperinci dan menarik dengan menggunakan media yang megah dan canggih.

Selanjutnya pengunjung diarahkan ke lantai 3 untuk melihat alat peraga yang menjelaskan tentang terbentuknya matahari, bumi dan bulan. Dan ada satu alat berbentuk bola dunia yang berputar sebagaimana rotasi bumi yang menjadikan gambaran jelas tentang bentuk bumi.

Lantai selanjutnya tidak kalah menarik. Pengunjung bisa mempelajari bagaimana penentuan kalender dan waktu shalat berdasarkan pergerakan matahari dan bulan. Tidak hanya itu penentuan pergantian bulan hijriah melalui hilal juga ditampilkan melalui alat peraga ini.

Untuk lantai paling dasar ruang peraga menampilkan beragam ornamen mesin dan miniatur menara Abraj Albait. Selain itu sejumlah dokumentasi juga dipamerkan untuk menceritakan proses pembangunan menara ini. Tak lupa mesin jam raksasa juga menjadi salah satu daya tarik di ruang pameran ini.

Tempat terakhir yang menjadi bagian dari museum ini adalah teras observasi menara jam. Dari atas sini pengunjung bisa melihat panorama kota mekkah dari semua arah. Dan yang paling menarik adalah pemandangan masjidil haram dari atas menara.

#makkah #religi #wisatareligi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x