Kompas TV nasional berita kompas tv

Ekosistem Orang Utan Terancam Akibat Kebakaran Hutan

Kompas.tv - 18 September 2019, 12:20 WIB

Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Barat tidak hanya berdampak pada manusia. Namun juga pada satwa. Salah satunya orang utan.

Di kabupaten Ketapang ditemukan 20 titik panas yang berada di lokasi Sungai Putri-Gunung Palung Areal yang menjadi habitat lebih dari 3.500 individu orang utan.

Berdasarkan laporan masyarakat setidaknya sudah ada tujuh individu orang utan yang terancam akibat berkonflik dengan masyarakat setelah habitatnya terdampak kebakaran hutan.

Balai taman nasional Gunung Palung bersama balai KSDA Kalimantan Barat dan yayasan IAR Indonesia akan segera melakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan satwa dilindungi ini sebelum dilakukan langkah evakuasi.


Sepanjang tahun 2019 Kementerian Lingkungan Hidup telah memperingatkan 200 perusahaan di wilayah Kalimantan Barat. Termasuk menyegel 28 lahan perusahaan satu perorangan.

Kebakaran hutan dan lahan di kalimantan barat memang semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan data kementerian LHK hingga saat ini sudah ada 25.900 hektar lahan terbakar. Jumlah ini masih sangat mungkin bertambah mengingat titik panas yang masih selalu terdeteksi oleh citra satelit dan rendahnya curah hujan.

#orangutan #kebakaran #kebakaranhutan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x