Kompas TV klik360 cerita indonesia

Merangkai Bumi Cendrawasih || Trans Papua Membentang dari Sorong Hingga Merauke

Minggu, 8 September 2019 | 16:12 WIB

Setelah penantian 16 tahun, Trans Papua hadir menjawab kebutuhan masyarakat. Pada 2014, pembangunan proyek Trans Papua dihidupkan kembali oleh Presiden Joko Widodo.

Trans Papua membentang dari Kota Sorong di Provinsi Papua Barat hingga Merauke di Provinsi Papua dengan panjang total mencapai 4.330 kilometer. Bukan jadi rahasia, pembangunan di Papua tak semudah membangun proyek di provinsi lain. Maka, sejak Januari 2016, TNI Angkatan Darat (AD) ikut dilibatkan dalam pembangunan Trans Papua karena medan yang sulit.

Untuk membuka jalur, TNI harus menyusuri sungai, mendaki gunung, hingga membelah rimba belantara. Belum lagi kondisi cuaca yang ekstrem dan gangguan dari kelompok separatis bersenjata.

Tentunya, kehadiran jalan di Papua dan Papua Barat tidak semata untuk membuka daerah yang terisolasi. Namun, diharapkan dapat menurunkan harga barang yang tinggi hingga meningkatkan konektivitas antarwilayah di Bumi Cendrawasih ini. Simak perjuangan TNI membuka hingga membangun jalan di Tanah Papua dalam video Merangkai Bumi Cendrawasih || Trans Papua Membentang dari Sorong Hingga Merauke berikut ini.

#TransPapua #Papua #BumiCendrawasih

Penulis : Desy Hartini





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:46
KALAHKAN UKRAINA DI SEMIFINAL PIALA DUNIA PANAHAN, TIM PANAHAN INDONESIA REBUT SATU TIKET KE OLIMPIADE TOKYO    KLHK BENTUK SATUAN PELAKSANAAN, PENGAWASAN, & PENGENDALIAN KAWAL UU CIPTA KERJA BIDANG LINGKUNGAN HIDUP & KEHUTANAN    KEMENPERIN GENJOT DAYA SAING DAN EKSPOR INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) MAKANAN DAN MINUMAN    WALI KOTA MADIUN MAIDI SEBUT MENKES AKAN MENAMBAH JATAH VAKSIN BAGI KOTA MADIUN    GANDENG KPK, WALI KOTA SEMARANG HENDRAR PRIHADI TEGASKAN KOMITMEN CEGAH DAN BERANTAS KORUPSI    SATGAS BEKASI TINGKATKAN KAPASITAS PELAYANAN PEMERIKSAAN UNTUK MENDETEKSI COVID-19 JADI 5.000 TES PER HARI    KETUA PB IDI INGATKAN BAHAYA VIRUS KORONA VARIAN DELTA BAGI IBU HAMIL, IBU MENYUSUI, DAN ANAK-ANAK    KETUA PB IDI DAENG MUHAMMAD FAQIH: BEBAN NAKES MENINGKAT DRASTIS DI DAERAH DENGAN LONJAKAN KASUS COVID-19    KASUS COVID-19 MELONJAK, GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN AJAK WARGA IBU KOTA HABISKAN AKHIR PEKAN DI RUMAH SAJA    KASUS COVID-19 MELONJAK, WALI KOTA DEPOK TINGKATKAN "WORK FROM HOME" DARI 50 MENJADI 70 PERSEN    JUBIR SATGAS COVID-19: BODETABEK DAN BANDUNG RAYA MULAI BISA VAKSINASI WARGA USIA 18 TAHUN KE ATAS    IDI: VIRUS KORONA VARIAN DELTA LEBIH BERBAHAYA, BANYAK MENYERANG ORANG BERUSIA MUDA    DINKES DKI: PASIEN COVID-19 YANG AKAN DIISOLASI DI RUSUN NAGRAK HARUS MELALUI RUJUKAN PUSKESMAS TERLEBIH DAHULU    DINKES DKI: RUSUN NAGRAK DISIAPKAN UNTUK ANTISIPASI LONJAKAN KASUS COVID-19 YANG TERUS TERJADI DI DKI JAKARTA