HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Sampah Plastik Diolah Jadi Paving Block

Minggu, 1 September 2019 | 14:15 WIB

Berawal dari sekadar coba-coba, tiga orang warga Desa Karangrowo, Kecamatan Undaan, Kudus, Jawa Tengah, mengubah sampah plastik menjadi paving blok dan hiasan dinding.

Nur Hadi, salah satu dari tiga orang yang menekuni ide kreatif ini hanya perlu menggunakan peralatan sederhana untuk mengubah sampah plastik menjadi paving block. Di halaman samping rumah Nur Had yang hanya berukuran 20 meter persegi, tumpukan sampah diolah menjadi paving block.

Sampah plastik yang sudah dikumpulkan dan dibakar hingga meleleh dan menggumpal lalu dimasukkan ke cetakan yang berupa pelat. Setelah proses pencetakan, gumpalan dipress menyesuaikan bentuk yang diinginkan. Tahap akhirnya adalah pendinginan hasil cetakan.

Untuk membuat satu paving block dan hiasan dinding dibutuhkan sekuranganya satu kilogram sampah plastik. Selain kuat dan tahan banting, paving block berbahan plastik ini memiliki umur yang lebih lama dibandingkan dengan paving block biasa.

Harga yang ditawarkan pun relatif lebih murah, yaitu Rp 75 Ribu – Rp 125 Ribu per meter pesegi tergantung pada ketebalan paving block yang diinginkan.

Kini, Nur Hadi dan kedua rekannya tidak lagi memungut sampah sendiri sebagai bahan paving block. Mereka mendapat pasokan sampah dari warga dengan harga Rp 125 Ribu per karung ukuran besar.

#SampahPlastik #PavingBlock #SampahDiolah

Penulis : Desy Hartini



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
18:21
PEDULI MEREKA YANG KEHILANGAN PENGHASILAN DI TENGAH PANDEMI KORONA, DENGAN DONASI KE BIT.LY/KONSERAMALDARIRUMAH   KOMPAS TV BERSAMA DIDI KEMPOT DAN SOBAT AMBYAR MENGGELAR KONSER AMAL DARI RUMAH, SABTU, 11 APRIL 2020 PUKUL 19.00 WIB   BACA E-PAPER KOMPAS GRATIS DARI RUMAH. GUNAKAN KODE KOMPASWFH, AKSES: KLIK.KOMPAS.ID/EPAPERKOMPAS    JUMLAH KASUS KORONA DI KALIMANTAN TIMUR: 32 POSITIF KORONA, 4 SEMBUH, 1 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI PAPUA: 38 POSITIF KORONA, 3 SEMBUH, 2 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA: 41 POSITIF KORONA, 6 SEMBUH, 7 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI BALI: 49 POSITIF KORONA, 18 SEMBUH, 2 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI SUMATERA UTARA: 59 POSITIF KORONA, 0 SEMBUH, 4 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI SULAWESI SELATAN: 127 POSITIF KORONA, 21 SEMBUH, 6 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA TENGAH: 140 POSITIF KORONA, 14 SEMBUH, 22 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA TIMUR: 196 POSITIF KORONA, 46 SEMBUH, 16 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI BANTEN: 212 POSITIF KORONA, 7 SEMBUH, 18 MENINGGAL DUNIA   JUMLAH KASUS KORONA DI JAWA BARAT: 365 POSITIF KORONA, 17 SEMBUH, 35 MENINGGAL DUNIA   ADA 1.470 KASUS POSITIF KORONA DI JAKARTA, TERTINGGI DI INDONESIA