Kompas TV nasional berita kompas tv

Menikmati Lezatnya Ayam Panggang Khas Wonogiri

Kompas.tv - 28 Agustus 2019, 16:10 WIB

Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya jika tidak menjajal kuliner khas daerah tersebut. Jika berkunjung ke Wonogiri anda harus mencoba ayam panggang khas Wonogiri. Salah satu tempat makan yang menjadi favorit adalah Warung Makan Ayam Panggang Putra Dami di daerah Ngadirojo.

Berdiri sejak 1985 rumah makan milik keluarga ini kini dikelola oleh generasi kedua. Di dapur yang masih tradisonal ayam diolah dengan menggunakan tungku kayu bakar dan kuali tanah liat. Cara memasak yang masih tradisional menjadi kunci utama rasa ayam panggang yang unik dan khas serta membedakan dengan ayam panggang dari daerah lainnya.

Ayam panggang disajikan bersama lalapan dan aneka sambal. Mulai dari sambal terasi mentah sambal bajak dan tidak ketinggalan sambal khas wonogiri sambal cabuk yang terbuat dari ampas biji wijen yang dikukus.

Bumbu yang meresap sempurna hingga daging bagian dalam serta tidak ada bau sangit terasa nikmat saat menyantap ayam panggang ini. Rasa sambal cabuk yang unik perpaduan antara biji wijen kemangi dan bumbu rempah menjadi pelengkap yang sempurna.

Tak hanya warga wonogiri namun wisatawan juga menjadikan ayam panggang ini sebagai tujuan kuliner jika sedang singgah ke Kabupaten Wonogiri. Rasa yang unik dibandingkan olahan ayam lain dan tidak mudah ditemukan di daerah lain menjadi alasan kuliner ini sebagai incaran.

#AyamPanggang #Wonogiri #Kuliner



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x