HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV klik360 cerita indonesia

Ibu Kreatif, Ubah Sampah Plastik Jadi Kerajinan

Kamis, 22 Agustus 2019 | 23:07 WIB

Berawal dari keprihatinan dengan banyaknya sampah plastik yang ada di sungai, seorang ibu rumah tangga di Kudus, Jawa Tengah, berinovasi untuk mengolah sampah yang sulit terurai tersebut, menjadi berbagai kerajinan tangan dengan nilai jual tinggi. Berkat ketekunannya, kini hasil kreasinya sudah terjual di berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.
Dialah Sri Seruni, ibu rumah tangga warga Desa Jati Kulon, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sejak tahun 2012 mulai menekuni kerajinan tangan berbahan dasar dari sampah plastik yang banyak dijumpai di sungai yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya. Setiap seminggu sekali Sri Seruni mengajak ibu rumah tangga di sekitar rumahnya untuk mengupulkan semua jenis sampah plastik. Sampah plastik yang telah terkumpul tersebut dipilah sesuai dengan jenisnya dan selanjutya dibersihkan dengan cara dicuci dan kemudian dikeringkan.
Setelah bersih sampah plastik tersebutpun siap untuk dibuat kerajinan tangan dengan dibantu para ibu rumah tangga yang sudah dibekali keahlian menjahit dan mengannyam plastic, sampah plastik tersebut dibuat menjadi berbagai jenis kerajinan, seperti tas, tempat tisu, hingga bunga hias.
Menurut Sri Seruni ide awal membuat kerajinan dari sampah plastik ini bermula saat dirinya mulai terusik dengan adanya sampah plastik tersebar di aliran sungai Gelis Jati Kulon, Kudus, selanjutnya ia mulai berpikir untuk mengolah sampah plastik yang berserakan, yakni dengan membuat berbagai kerajinan tangan.
Dengan ketekunannya dan dukungan dari warga sekitar, ibu rumah tangga dengan tiga anak ini terus berinovasi untuk mengembangkan kerajinan tangan yang sudah ia rintis sejak 7 tahun silam dan hingga saat ini ia sudah berhasil membuat puluhan jenis kerajinan berbahan baku dari sampah plastik, mulai dari aneka macam tas hingga sepatu dan tikar.
Hasil kerajinannya pun tidak hanya dijual di sekitar Kudus, melalui media online kerajinan dengan bahan baku dari sampah plastik buatan Sri Seruni ini, sekarang sudah banyak dipesan dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan sudah sampai ke mancanegara seperti Belanda dan Thailand.
Hasil kerajinan seruni ini dijual mulai harga 2500 rupiah hingga jutaan rupiah, tergantung jenis barang yang dibeli serta tingkat kerumitan dalam pembuatannya.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE
TAG :

BERITA LAINNYA

News Vlog

Vlog : Ketua KPK masak Nasi Goreng

Selasa, 21 Januari 2020 | 00:58 WIB
Rumah Pemilu

Rian Ernest Terancam Gagal

Senin, 20 Januari 2020 | 23:38 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:48
ATLET LARI LALU M ZOHRI PERGI KE TIONGKOK UNTUK PERSIAPAN JELANG OLIMPIADE 2020   PETENIS NOVAK DJOKOVIC RAIH KEMENANGAN KE-900 DI SEKTOR TUNGGAL PUTRA SETELAH MENANG DI AUSTRALIA OPEN 2020   KIPER MANCHESTER UNITED, SERGIO ROMERO, MENGALAMI KECELAKAAN MOBIL DI CARRINGTON, INGGRIS   IRAN BELUM BERENCANA MENGIRIM KOTAK HITAM PESAWAT BOEING 737 UKRAINA UNTUK DIANALISIS DI PERANCIS ATAU UKRAINA   PM MALAYSIA MAHATHIR MOHAMAD MENCABUT ATURAN KONTROVERSIAL MENGENAI PEMAKAIAN SEPATU WARNA HITAM BAGI PELAJAR   PEMBANGUNAN KAWASAN TERPADU MARINA LABUAN BAJO MILIK PT ASDP INDONESIA FERRY MENELAN DANA RP 600 MILIAR   CHEVRON INDONESIA RUGI RP 23 MILIAR AKIBAT 72 KASUS PENCURIAN MINYAK PADA 2019   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN MINTA WAKTU UNTUK TELUSURI DUGAAN OKNUM OJK YANG TERLIBAT KASUS JIWASRAYA   SEBELUMNYA, KEJAGUNG MINTA BADAN PERTANAHAN NASIONAL MEMBLOKIR 156 BIDANG LAHAN MILIK BENNY TJOKRO   KEJAGUNG SEBUT JUMLAH TANAH MILIK DIRUT PT HANSON INTERNATIONAL BENNY TJOKRO YANG AKAN DIBLOKIR BERTAMBAH   ICW DAN TRANSPARENCY INTERNATIONAL INDONESIA MENILAI VONIS 2 TAHUN PENJARA TERHADAP ROMAHURMUZIY TERLALU RINGAN   ICW MINTA KPK TELUSURI ADANYA INFORMASI BOHONG SOAL HARUN MASIKU DI LUAR NEGERI   KPK TELAH MEMASUKAN NAMA HARUN MASIKU KE DALAM DPO   MANTAN MENTERI KP SUSI PUDJIASTUTI TAK SETUJU RENCANA PEMERINTAH KIRIM NELAYAN PANTURA KE NATUNA