HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / nasional / aiman

Akar Bajakah, Tanaman Asli Dayak Penyembuh Kanker | Siswa Juara Dunia Penyembuh Kanker - AIMAN (1)

Rabu, 14 Agustus 2019 | 08:00 WIB

Kanker masih menjadi penyakit yang paling mematikan di Indonesia, bahkan dunia. Menurut data WHO, pada akhir 2018, jumlah penderita kanker terus meningkat, dengan angka kematian mencapai 10 juta jiwa di seluruh dunia.

Seringnya, kanker tidak terdeteksi dan penderita tidak menyadari. Tiba-tiba, kanker sudah sangat parah atau mencapai stadium empat. Sampai sekarang, belum ada obat yang mampu menyembuhkan kanker. Lazimnya, pengobatan kanker dilakukan dengan terapi radiasi atau terapi dengan zat kimia alias kemoterapi. Namun, itu hanya memperlambat penyebaran sel kanker.

Namun, baru-baru ini, dunia tersentak dengan penelitian siswa SMA asal Kalimantan. Mereka berhasil mengungkap kandungan tumbuhan hutan bernama akar “Bajakah” yang dapat menyembuhkan kanker. Uji laboratorium membuktikan sel kanker pada tikus putih mengecil setelah meminum akar “Bajakah”.

Akar Bajakah ini banyak mengandung senyawa fitokimia sebagai anti kanker. Ada tannin, flavonoid, steroid, dan lain-lain. Tannin dan flavonoid melepaskan senyawa hidroksil yang akan menghambat pertumbuhan kanker,” ungkap peneliti Universitas Lambung Mangkurat.Atas prestasinya, mereka pun meraih medali emas dalam WORLD INVENTION CREATIVITY OLYMPIC (WICO) di Seoul, Korea Selatan.

Jurnalis Kompas TV, Aiman Witjaksono berkunjung ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah untuk menemui siswa berprestasi tersebut. Aiman mengulik bagaimana mereka bisa menemukan obat yang akan membantu jutaan orang di seluruh dunia. Aiman juga secara eksklusif masuk ke hutan Kalimantan untuk mencari akar “Bajakah”.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media social Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
02:35
MENKO PMK RESMIKAN GEDUNG BARU SEKOLAH INDONESIA DI JEDDAH DENGAN PIMPIN BACA SELAWAT   BAWASLU MENGINGINKAN SANKSI ADMINISTRASI DIPERKUAT PADA PEMILU 2024 KETIMBANG PIDANA   KETUM PARTAI GOLKAR AIRLANGGA HARTARTO AKAN MENCANANGKAN PILKADA 2020 TANPA MAHAR   KETUA BAWASLU ABHAN BERHARAP INSTITUSINYA PUNYA KEWENANGAN MENYIDIK DAN MENUNTUT SEPERTI KPK   JUBIR PRESIDEN FADJROEL RACHMAN: DRAF UU KOMISI KEBENARAN DAN REKONSILIASI SUDAH SELESAI DAN MASUK PROLEGNAS 2020   PT ANGKASA PURA I SEBUT KERETA API BANDARA ADI SOEMARMO MULAI BEROPERASI 20 DESEMBER 2019   KETUA KOMISI VI DPR FAISOL REZA DESAK DIRUT GARUDA ARI ASHKARA JELASKAN SOAL PENYELUNDUPAN HARLEY-DAVIDSON   KEMENTERIAN PUPR TARGETKAN PEMBANGUNAN KEMBALI WAMENA PASCARUSUH SELESAI APRIL 2020   JUSUF KALLA TERIMA GELAR DOKTOR KEHORMATAN DARI UNIVERSITAS NEGERI PADANG   MENTERI BUMN ERICK THOHIR: MENYEDIHKAN, PENYELUNDUPAN HARLEY-DAVIDSON DILAKUKAN SECARA SISTEMATIS OLEH BUMN   POLISI TETAPKAN PENCERAMAH JAFAR SHODIQ SEBAGAI TERSANGKA KASUS PENGHINAAN TERHADAP WAPRES MA'RUF AMIN   WAKIL KETUM DPP PAN TOTOK DARYANTO APRESIASI PRESIDEN JOKOWI YANG TOLAK WACANA JABATAN PRESIDEN 3 TAHUN   POLRES OGAN KOMERING ILIR, SUMSEL, SITA 50 PUCUK SENJATA API RAKITAN ILEGAL   JAFAR SHODIQ DIDUGA HINA WAPRES MA'RUF AMIN, MENKO POLHUKAM: BIARKAN HUKUM BEKERJA