Kompas TV nasional sapa indonesia

Dipisahkan Rabu 14 Agustus 2019, Bayi Kembar Siam Azila & Akila Ditangani 70 Dokter

Kompas.tv - 13 Agustus 2019, 16:07 WIB

Sebelum melakukan operasi pemisahan tim kembar siam Rumah Sakit Umum dr. Soetomo Surabaya, Jawa Timur melakukan gladi bersih. 70 dokter spesialis sudah bersiap untuk secara bergantian melakukan operasi yang diperkirakan akan berlangsung selama 12 jam.

Azila dan Akila adalah bayi kembar siam dempet dada dan perut atau thoracoabdomino phagus. Saat ini keduanya berusia 18 bulan dan dalam kondisi sehat. Namun tim dokter memperkirakan akan menemukan beberapa tantangan selama proses operasi. Misalnya saja kedua bayi hanya memiliki 1 selaput jantung. Tulang dada si kembar yang saling menempel juga mengeras seiring pertambahan usia mereka.

Azila dan Akila saat ini sudah masuk ruang karantina. Selasa (13/8/2019) akan dilakukan proses swab atau pembersihan seluruh kulit dan akan dimandikan dengan antiseptik. Biaya operasi pemisahanan Azila dan Akila sebagian menjadi tanggungan BPJS Kesehatan. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sudah berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan agar terbuka dukungan dari masyarakat untuk penanganan medis si kembar. Azila dan Akila adalah bayi kembar ke-99 yang ditangani Rumah Sakit Umum dr Soetomo Surabaya.

#KembarSiam #OperasiPemisahan #RSUDSoetomo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x