HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional kompas dunia

Menanti Langkah Boris Johnson Keluarkan Inggris dari Uni Eropa

Kamis, 25 Juli 2019 | 10:20 WIB

Boris Johnson terpilih menjadi ketua partai konservatif dan secara otomasi menjadi perdana menteri baru Inggris setelah Theresa May memilih mengundurkan diri.

Boris Johnson terpilih dalam pemungutan suara di kalangan anggota partai konservatifnya, partainya sendiri dengan meraih 92153 suara, sementara pesaingnya Jeremy Hunt mendapatkan 46.656 suara. Pemilihan perdana menteri baru Inggris tidak melibatkan warganya secara langsung. Partai pemenang pemilu berhak mendudukan ketuanya sebagai perdana menteri.

Boris Johnson atau pria bernama lengkap Alexander Pboris de Pfeffel Johnson ini lahir pada 19 Juni 1964 di New York, Amerika Serikat. Kelahirannya terdaftar di otoritas Amerika Serikat dan Konsulat Inggris, sehingga ia mendapatkan dua kewarganegaraan, Amerika Serikat dan Inggris.

Boris Johnson mengawali karier sebagai jurnalis di harian The Times, The Daily Telegraph, dan harian The Spectator. Namun karier jurnalisnya tak cemerlang karena kerap kali memuat informasi palsu dan merekayasa kutipan narasumber.

Tahun 2001, Boris Johnson terpilih menjadi anggota parlemen untuk partai konservatif hingga tahun 2008. Ia kemudian menjadi Wali Kota London untuk dua periode.

Johnson kemudian kembali memutuskan menjadi anggota parlemen di tahun 2015 dan setahun kemudian ditunjuk menjadi menteri luar negeri oleh Perdana Menteri Theresa May. Setelah dua tahun menjabat menteri luar negeri, Johnson mengundurkan diri dari jabatan menteri luar negeri. Hal ini karena adanya perbedaan pendapat Johnson dengan Theresa May soal brexit.

Johnson menjadi tokoh keras untuk mengajak Inggris harus keluar dari Uni Eropa pada batas waktu yang ditentukan 31 Oktober mendatang.

Namun sebelum dilantik, isu sejumlah menteri mengundurkan diri menyeruak ke permukaan. Menteri Keuangan Inggris Philip Hammon mengundurkan diri. Hammon sangat menentang brexit karena brexit hanya menyebabkan ketidakpastian bagi ekonomi Inggris. Diperkirakan masih ada 12 menteri lainnya yang akan menyatakan mundur dari jabatannya.

Suara di masyarakat pun beragam, ada yang meragukan kemampuan Boris Johnson untuk membawa Inggris, tetapi ada pula yang menilai Boris akan memenuhi janjinya mengantarkan Inggris keluar dari Uni Eropa.

Publik Inggris kini menanti langkah strategi terbaik Boris. Boris meyakinkan bahwa kemungkinan brexit tanpa kesepakatan sangat kecil.

#BorisJohnson #UniEropa #Brexit

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
05:53
PERANCANG BUSANA ADJIE NOTONEGORO & PENYANYI TATA JANEETA PENUHI PANGGILAN POLISI ATAS KASUS MEMILES   KPK SEBUT YAMIN KAHAR MERUPAKAN PIHAK SWASTA PENYUAP BUPATI SOLOK SELATAN MUZNI ZAKARIA   KPK TAHAN YAMIN KAHAR, TERSANGKA KASUS DUGAAN SUAP PENGADAAN BARANG & JASA DI KABUPATEN SOLOK SELATAN, SUMBAR   WAPRES MA'RUF AMIN PASTIKAN MORATORIUM PEMEKARAN WILAYAH DI INDONESIA SAAT INI MASIH BERLAKU, SELAIN PAPUA   BPBD SEBUT RATUSAN RUMAH RUSAK AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR DI KABUPATEN SIJUNJUNG, SUMBAR   KPK AKUI SUDAH MENGETAHUI KEBERADAAN HARUN MASIKU DI INDONESIA SEBELUM INFO DARI DITJEN IMIGRASI KEMENKUMHAM   FRAKSI DEMOKRAT AKAN TELUSURI DUGAAN DITJEN IMIGRASI KEMENKUMHAM MENUTUPI KEPULANGAN HARUN MASIKU KE INDONESIA   WAKIL KETUA KOMISI III DPR DESMOND JUNAIDI MAHESA PERTANYAKAN SIKAP KETUA KPK TAK PROAKTIF TANGKAP HARUN MASIKU   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD MINTA KEJAGUNG AGAR KASUS DUGAAN KORUPSI PT JIWASRAYA TAK DIBELOKKAN KE UNSUR PERDATA   KEJAGUNG AKAN TELUSURI DUGAAN KETERLIBATAN MANAJER INVESTASI ATAS KASUS DUGAAN KORUPSI PT ASURANSI JIWASRAYA   MENKO POLHUKAM MAHFUD MD SEBUT PEMERINTAH INGIN CEGAH KORUPSI DI BIROKRASI MELALUI PENERBITAN "OMNIBUS LAW"   JAKSA AGUNG SANITIAR BURHANUDDIN AKUI PIHAKNYA TAK DALAMI KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASABRI   KPU MENYATAKAN AKAN MENYERAHKAN SEPENUHNYA PROSES PENGANGKATAN KOMISIONER BARU KE PRESIDEN JOKOWI   EKS KOMISIONER KPU RAMLAN SURBAKTI MENGAKU TAK SETUJU JIKA SISTEM PEMILU "E-VOTING"