HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV nasional berita kompas tv

Koalisi Jokowi-Ma'ruf Bahas Pimpinan MPR Tanpa PDI-P, Ada Koalisi Dalam Koalisi?

Rabu, 24 Juli 2019 | 13:33 WIB

Kabar Prabowo Subianto dan Partai Gerindra yang akan ditampung dalam kabinet berikutnya Joko Widodo dan lembaga tinggi negara membuat 4 partai koalisi Joko Widodo-Ma'ruf Amin berkonsolidasi.

Keempatnya sudah menyatakan sebelumnya tak ingin baik Prabowo maupun partainya ikut dalam gerbong pemerintahan Joko Widodo. Maka ke-4 partai bertemu di Kantor Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh pada Senin (22/7/2019) petang. Mereka yang hadir adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar serta Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa. Keluar bertamu dari kantor Partai Nasdem ketiga tamu enggan bicara detail soal agenda pembahasan. Salah satu tamu Muhaimin Iskandar mengaku pertemuan hanya mengeratkan kebersamaan partai koalisi. Yang bicara lebih jelas adalah Suharso Monoarfa. Plt Ketua Umum PPP itu membenarkan adanya pembicaraan terkait Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Bila benar membicarakan soal Ketua MPR mengapa tanpa kehadiran PDI Perjuangan, partai pemenang pemilu sekaligus tempat kadernya Joko Widodo yang kini jadi presiden untuk periode kedua? Surya Paloh yang jadi tuan rumah pertemuan menjelaskan bahwa 4 ketua umum hanya melakukan silaturahmi. Namun Surya tak menampik ada keinginan partai koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin untuk memajukan paket pimpinan MPR sesuai pemenang pemilihan presiden.

Pertemuan tak bisa ditampik erat kaitannya sinyal Joko Widodo dan Megawati yang ingin merangkul Prabowo Subianto dan Partai Gerindra masuk dalam barisan pemerintahan dan pimpinan lembaga legislatif DPR/MPR. Partai Golkar dan PKB yang paling kelihatan getol memperjuangkan untuk kursi Ketua MPR. Posisi Ketua MPR memang jadi primadona saat ini karena partai-partai politik sudah melihat arah ke pemilu selanjutnya yakni 2024. Sehingga aliansi strategis mulai dilakukan sejak dini.

Karena posisi yang strategis maka pimpinan lembaga tinggi menjadi agenda yang dibidik jauh-jauh hari. Pertemuan 4 partai koalisi kemarin dan pertemuan Mega-Prabowo kiranya tak akan berakhir di sini. Masih ada agenda berikutnya, mempertemukan semua koalisi demi mendapatkan saling kesepahaman antar koalisi. Bila keputusan memberikan porsi strategis kepada Prabowo dan Gerindra sudah final.

#KoalisiJokowiMaruf #PartaiNasdem #PimpinanMPR

Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar



BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
06:12
TABEA! AUDISI SUCI IX DI KOTA AMBON 28 FEBRUARI 2020, CAFE KAYU MANIS JL. SAM RATULANGI NO. 125, PUKUL 10.00-19.00 WIB   SAMPURASUN! AUDISI SUCI IX HADIR DI BANDUNG 28 FEBRUARI 2020, ENDEUS SPACE JL HASANUDIN NO. 28, PUKUL 10.00-19.00 WIB   KEMENDAG BERENCANA TERAPKAN ATURAN KEWAJIBAN PENGGUNAAN KAPAL NASIONAL PADA 1 MEI 2020   TERTUNDA KARENA BANJIR, KPK JADWALKAN ULANG PEMERIKSAAN KETUA KPU ARIEF BUDIMAN TERKAIT KASUS SUAP PAW DPR   POLISI SEBUT PENYERANGAN DI MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY MERUPAKAN AKSI SPONTANITAS   POLISI AKUI MASIH DALAMI KETERANGAN 8 TERSANGKA PENYERANG MAL AEON JAKARTA GARDEN CITY   KOMISI IX DPR NILAI RUU PENGAWASAN OBAT & MAKANAN AKAN PERKUAT KEBERADAAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH   KOMISI IX DPR SEBUT KEWENANGAN BPOM PERLU DITAMBAH DALAM RUU PENGAWASAN OBAT & MAKANAN   TERKAIT VIRUS KORONA, TURNAMEN BADMINTON JERMAN TERBUKA 2020 YANG AKAN DIGELAR PEKAN DEPAN DIBATALKAN   KEMENKES KERAHKAN 39 DOKTER SPESIALIS UNTUK OBSERVASI 188 WNI DI PULAU SEBARU, KEPULAUAN SERIBU   KEPALA BAPPENAS SUHARSO MONOARFA SEBUT INVESTASI DI IBU KOTA BARU TAK AKAN MELALUI BKPM   KEJAGUNG PERIKSA PERWAKILAN DARI TUJUH BANK TERKAIT KASUS DUGAAN KORUPSI DI PT ASURANSI JIWASRAYA   PGRI YOGYAKARTA BENTUK TIM & AJUKAN PENANGGUHAN PENAHANAN TIGA TERSANGKA PERISTIWA SUSUR SUNGAI SEMPOR   MENKO POLHUKAM JAMIN APARAT TAK MELAKUKAN KEKERASAN SAAT UNJUK RASA TOLAK "OMNIBUS LAW" CIPTA KERJA