Kompas TV nasional aiman

Pemilu, Harapan Hingga Ratapan - AIMAN (3)

Kompas.tv - 3 Mei 2019, 19:20 WIB
Penulis : Edika ipelona

Jurnalis Kompas TV Aiman Witjaksono mendatangi Padepokan Anti Galau yang dikelola oleh Ujang Bustomi. Padepokan ini menerima caleg dan tim sukses yang depresi pasca Pemilu. Ujang Bustomi, menunjukkan sejumlah ruangan yang digunakan sebagai tempat perawatan. Berbagai ritual pun dijalankan untuk menyembuhkan depresi, seperti mulai dari mandi, berdoa, ruqiyah, hingga menasehati mereka. Banyak caleg dan tim sukses enggan mengaku depresi. Namun, Ujang tetap memberikan sejumlah nasihat, pengertian, meminta untuk beribadah, serta mengingat kembali tujuan utama hidup selain ambisi politik.

Pada kesempatan yang sama, Aiman berjumpa dengan seorang caleg asal Cirebon yang masih mengunjungi padepokan untuk menenangkan diri setelah gagal dalam kontestasi Pemilu 2019. Caleg ini mengaku baru terjun ke dunia politik dan Pemilu 2019 adalah arena pertamanya. Tak hanya dirinya, istrinya pun menjadi caleg. Namun, juga gagal pada Pileg 2019.

Dia telah menghabiskan hampir seratus juta rupiah untuk biaya operasional, alat peraga kampanye, hingga pembayaran tim sukses per desa. Namun, Ia hanya memperoleh 3500 suara, padahal syarat lolos menjadi anggota DPRD Kabupaten Cirebon harus mengantongi 7000 suara. Ia tak menampik tujuan awal mencalonkan diri sebagai anggota DPRD guna mendapatkan gaji besar. Gagal total hingga dilanda depresi dalam Pemilu 2019, lantas apakah caleg ini jera untuk kembali berlaga dalam kontestasi pemilihan legislatif 2024?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x