HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV feature food story

Kue Tradisional Indonesia - FOOD STORY (3)

Sabtu, 27 April 2019 | 14:29 WIB

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan ragam kue tradisionalnya. Pada episode kali ini, Benu akan berburu kue di berbagai daerah Nusantara. Benu ada di Gowa dan menyambangi Toko Kue Adi Jaya. Di sini Benu mencicipi Songkolo dan salah satu kue kesukaannya yaitu Barongko. Selain itu ada pula kue khas Sulawesi Selatan lainnya seperti Bayao Pannyu, Cantik Manis, Bingka Udang, Gogos dan Jalangkote’. Masih di Gowa, Benu juga mau mencicipi Putu Cangkir. Sesuai namanya, putu ini punya bentuk unik mirip cangkir.

Kue tradisional kerap disebut juga Jajanan Pasar karena kue ini awalnya banyak dijual di pasar tradisional. Di Pasar Gedhe Hardjonagoro Solo, Benu mencicipi Lenjongan Yu Sum yang legendaris. Lenjongan terdiri dari beragam jajanan pasar, ada Cenil, Tiwul Gula merah, Tiwul Gula Pasir, Ketan Hitam, Ketan Putih, Getuk, Klepon, Gatot, Sawut, dan Jongkong.

Benu juga mencicipi salah satu kue kesukaan Bung Karno di Muntok Bangka Barat, yaitu Pelite atau kue Sampan. Kue yang terbuat dari tepung beras ini bertekstur lembut dalam wadah takir dari daun pandan. Betawi juga punya jajanan ikonik Kerak Telor. Benu bertemu dan mencicipi Kerak Telor Umi Syamsudin.

Seiring perkembangan zaman, kue tradisional Indonesia berakulturasi. Benupergi ke Bogor untuk melihat proses pembuatan dan mencicipi Bika Bogor Talubi. Bika yang menambahkan talas dan ubi dalam adonannya ini jadi oleh-oleh khas Bogor.

Penulis : edika ipelona



BERITA LAINNYA

Berita Daerah

Nikmati Sejuke Alas Pinus Kalilo

Senin, 17 Februari 2020 | 14:14 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:23
SUGENG RAWUH! AUDISI SUCI IX SIAP MENYAPA SEMARANG, 20 FEBRUARI 2020 DI AZYX CAFE PUKUL 10.00-19.00. LET'S MAKE LAUGH!   HORAS! IKUTI AUDISI SUCI IX DI KOTA MEDAN, 20 FEBRUARI 2020, DI MOJO SIP & DINE PUKUL 10.00-19.00, LET'S MAKE LAUGH !   DAMPAK DARI VIRUS KORONA, ANGKASA PURA I: JUMLAH PENUMPANG DI BANDARA NGURAH RAI BALI TERGERUS 16,25%   PEMPROV NTT FOKUS TANGANI STUNTING & KEMISKINAN DI KABUPATEN TIMOR TENGAH UTARA, TIMOR TENGAH SELATAN, DAN KUPANG   PULUHAN TERNAK, TERUTAMA KUDA DI SUMBA TIMUR, NTT, MATI KARENA KELAPARAN AKIBAT KETIADAAN PAKAN   DILEPAS SECARA MILITER, 8 JENAZAH KORBAN HELIKOPTER MI 17 DI PAPUA DIPULANGKAN   POLISI SITA 400 BATANG KAYU MERANTI YANG DIDUGA MERUPAKAN HASIL "ILLEGAL LOGGING" DI SUNGAI LANDAK, KALBAR   MENPERIN AGUS GUMIWANG KARTASASMITA DESAK PEMBENTUKAN LEMBAGA PEMBIAYAAN INDUSTRI   BANK INDONESIA: UTANG LUAR NEGERI INDONESIA SEBESAR RP 5.538 TRILIUN   BPS: NERACA PERDAGANGAN RI PADA JANUARI 2020 DEFISIT 864 JUTA DOLLAR AS   MENKEU SRI MULYANI CAIRKAN DANA BOS TAHAP I SEBESAR RP 9,8 TRILIUN UNTUK 136.579 SEKOLAH   BADAN TENAGA NUKLIR NASIONAL (BATAN) SIAPKAN 100 DRUM ANGKAT SISA ZAT RADIOAKTIF DI TANGERANG SELATAN   PEMERINTAH AKAN TERBITKAN PERPRES PENUTUPAN TAMBANG ILEGAL YANG SEBABKAN BENCANA DAN KERUGIAN BAGI MASYARAKAT   PEMERINTAH MENGHILANGKAN ATURAN MENGENAI IZIN LINGKUNGAN DALAM DRAF RUU "OMNIBUS LAW" CIPTA KERJA