Kompas TV nasional sapa indonesia

Ungkap Rasa Syukur, Nelayan di Aceh Gelar Kenduri Laut

Kompas.tv - 5 April 2019, 16:40 WIB

Sejak subuh para nelayan di Mukim atau Kampung Lhok Pasie Lamnga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh mulai mempersiapkan khanduri laot atau kenduri laut. Acara tahunan ini merupakan ungkapan rasa syukur atas limpahan rezeki bagi nelayan yang menangkap ikan di Perairan Aceh.

Di kenduri laut, para nelayan makan bersama. Menunya kuah beulangong. Kuah beulangong adalah gulai daging kambing atau kerbau khas Aceh yang melimpah rempah. Kuah beulangong dimasak di kuali atau wajan yang besar. Kuah beulangong disiapkan secara bergotong royong oleh warga yang berasal dari sejumlah desa nelayan.

Masak memasak biasanya dilakukan di Meunasah atau sebutan orang Aceh untuk lembaga pendidikan dan budaya Aceh. Semua pembiayaan kenduri laut di Mukim Lhok Pasie Lamnga berasal dari urunan para nelayan. Tahun ini para nelayan menyiapkan 1 ekor kerbau untuk diolah menjadi kuah beulangong yang akan dinikmati semua warga. Tidak lupa anak yatim dan fakir miskin juga akan dikenyangkan.

Tradisi khanduri laot sudah dilakukan sejak zaman Sultan Iskandar Muda pada abad ke-17 hingga saat ini dan akan terus dipertahankan.

#KenduriLaut #KuahBeulangong #Aceh



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x