Kompas TV nasional peristiwa

Calon Haji Indonesia Kloter I Tiba di Madinah dan Mulai Beribadah di Masjid Nabawi

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 14:12 WIB
calon-haji-indonesia-kloter-i-tiba-di-madinah-dan-mulai-beribadah-di-masjid-nabawi
Jemaah meninggalkan Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi, seusai salat isya, Rabu (24/5) malam. Jemaah calon haji Indonesia kloter I sudah memulai salat arbain di Masjid Nabawi yang letaknya tidak jauh dari hotel tempat mereka menginap. (Sumber: Antara)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

 

MADINAH, KOMPAS.TV - Jemaah calon haji Indonesia kloter I telah tiba di Madinah, Arab Saudi, Rabu (24/5/2023), dan mulai melaksanakan salat arbain di Masjid Nabawi.

 

Seperti dilaporkan Antara, Kamis (25/5), banyak calon haji dari Indonesia yang datang untuk melaksanakan salat magrib dan bertahan di masjid untuk menunggu waktu salat isya.

Kepala Seksi Pelayanan Jamaah Haji Lansia dan Disabilitas Daerah Kerja (Daker) Madinah Arief Nurrawi mengingatkan petugas bimbingan ibadah tiap kloter untuk mengedukasi jemaah.

Terutama yang berusia lanjut untuk mengutamakan kesehatan fisik dan tidak memaksakan diri melakukan ibadah sunah jika fisiknya lemah.

Baca Juga: Kisah Kakek Mujid Pergi Haji: Tekun Menabung 37 Tahun, Kini Harapan Sujud di Mekah Segera Terwujud

"Para petugas bimbingan ibadah kloter, saya sarankan untuk memberi tahu para jamaah untuk tidak memaksakan ibadah-ibadah sunah yang bisa mengakibatkan kelelahan saat nanti melaksanakan rukun dan wajib haji," kata Arief, dikutip dari Antara.

Dia juga menyebutkan, dalam kloter I, terdapat 12 calon haji yang memerlukan kebutuhan khusus. Mereka akan mendapatkan penanganan khusus dari petugas bidang kesehatan.

"Jamaah dengan kebutuhan khusus, termasuk mereka yang kelelahan, akan langsung ditangani oleh tim Emergency Medical Team (EMT) PPIH Arab Saudi melalui screening," katanya.

Baca Juga: Anggota Komisi VIII Sayangkan Biaya Hidup Calon Jemaah Haji Diberikan dalam Rupiah, Bukan Riyal

Pada hari pertama, terdapat 16 kloter jemaah calon haji yang berangkat dari delapan embarkasi, yaitu Jakarta - Pondok Gede (JKG), Jakarta - Bekasi (JKS), Solo (SOC), Makassar (UPG), Aceh (BTJ), Kualanamu/Medan (KNO), Batam (BTH), dan Surabaya (SUB).

Pada hari kedua, 15 kloter akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, dengan total 5.858 calon haji Indonesia.


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x