Kompas TV ekonomi perbankan

Calon Jemaah Haji Embarkasi Bekasi-Surabaya Bisa Pakai Kartu ATM Ini di Mekkah, Madinah, dan Jeddah

Kompas.tv - 25 Mei 2023, 07:39 WIB
calon-jemaah-haji-embarkasi-bekasi-surabaya-bisa-pakai-kartu-atm-ini-di-mekkah-madinah-dan-jeddah
Direktur Utama PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Indra Falatehan (tengah) didampingi oleh Sekretaris Perusahaan Hayunaji (kanan) dan Region Head Jawa Barat dan Kalimantan 1 Eryk Lufiat (kiri) berbincang bersama calon jemaah haji di Asrama Haji Bekasi, Jawa Barat, Rabu (24/5/2023). (Sumber: Bank Muamalat)
Penulis : Dina Karina | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Agama (Kememag) menunjuk Bank Muamalat sebagai bank penyedia biaya kebutuhan hidup jemaah haji tahun 2023 khusus untuk calon jemaah haji dari embarkasi Bekasi dan Surabaya. 

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan menjelaskan, Bank Muamalat saat ini memiliki produk perbankan Tabungan iB Hijrah Haji untuk masyarakat yang merencanakan ibadah haji.

Nasabah produk tersebut akan dibekali dengan kartu debit Ihram yang dapat digunakan untuk bertransaksi di Tanah Suci. 

Baca Juga: 37 Tahun Nabung, Kakek Sopir Becak di Surabaya Akhirnya Naik Haji

"Kartu ini dapat digunakan di mesin ATM milik Bank Al Rajhi yang tersebar di Makkah, Madinah dan Jeddah serta tersedia pilihan transaksi berbahasa Indonesia," kata Indra dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/5/2023), dikutip dari Antara

Calon jemaah haji juga bisa melihat manfaat setoran dana haji mereka yang dikelola BPKH. Yakni lewat Apilkasi BPKH Virtual Acoount (BPKH VA), yang terhubung dengan aplikasi mobile banking Muamalat DIN antar server.

"Melalui kerja sama ini, calon jemaah haji baik nasabah Bank Muamalat maupun non-nasabah dapat menggunakan Muamalat DIN untuk melihat nilai manfaat setoran haji terkini melalui menu Bank Haji. Selain pengecekan nilai manfaat, dalam menu Bank Haji juga terdapat fitur pendaftaran dan pelunasan haji," terangnya. 

Baca Juga: Sempat Tertunda 3 Kali, Dalang Wayang Kulit Asal Ponorogo Ini Akhirnya akan Berangkat Haji!

Indra menyampaikan, Bank Muamalat siap melayani jemaah haji, mengingat Pemegang Saham Pengendali (PSP) perseroan merupakan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang memegang 82,66 persen saham Bank Muamalat.


 

“Dalam proses pendirian Bank Muamalat dulu turut melibatkan dana milik jemaah haji yang digunakan sebagai modal awal. Oleh karena itu, kami memiliki tanggung jawab sejarah untuk melayani kebutuhan jemaah haji yang akan berangkat untuk beribadah ke Tanah Suci dan kami bangga mendapatkan amanah ini. Kepercayaan ini sejalan dengan komitmen Bank Muamalat untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan ibadah haji,” tuturnya. 

Baca Juga: Musim Haji Bawa Berkah, Pengrajin Gelang Identitas di Jepara Banjir Pesanan!

Adapun biaya hidup haji (living cost) tersebut merujuk pada sejumlah nominal yang diberikan kepada calon jemaah haji untuk bertransaksi selama berada di Arab Saudi, di luar kebutuhan-kebutuhan yang telah dipenuhi oleh pemerintah.

Besaran living cost tahun 2023 yang disepakati Kemenag dan DPR adalah sebesar 750 real atau setara dengan Rp3.030.000.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x