Kompas TV nasional politik

PAN Yakin Elektabilitasnya Meningkat dan Capai Parliamentary Threshold setelah Para Caleg Bergerak

Kompas.tv - 23 Mei 2023, 17:44 WIB
pan-yakin-elektabilitasnya-meningkat-dan-capai-parliamentary-threshold-setelah-para-caleg-bergerak
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi di program Dua Arah KOMPAS TV, Jumat (7/4/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pihak Partai Amanat Nasional (PAN) yakin elektabilitasnya dapat meningkat setelah para calon anggota legislatif (caleg) mereka mulai bergerak.

Penjelasan itu disampaikan oleh Viva Yoga, Wakil Ketua Umum PAN sekaligus juru bicara partai tersebut, menanggapi hasil survei Litbang Kompas tentang elektabilitas partai politik.

Viva menyebut,elektabilitas PAN meningkat pada Bulan Mei 2023, jika dibandingkan dengan elektabilitas di Januari lalu.

“Ada kenaikan nilai elektabilitas PAN di 3,2 persen pada bulan Mei ini yang semula di bulan Januari 1,6 persen,” jelasnya, Selasa (23/5/2023), dikutip dari laporan tim liputan Kompas TV.

Menurutnya, persentase elektabilitas yang saat ini belum mencapai ambang batas minimal parliamentary treshold 4 persen disebabkan belum adanya daftar resmi caleg mereka.

Baca Juga: Hasil Survei Litbang Kompas: Begini Tren Elektabilitas Partai Politik 29 April-10 Mei!

“PAN yakin jika nanti caleg bergerak maka akan dapat mendongkrak elektabilitas PAN sehingga dapat lolos parliamentary threshold 4 persen,” katanya.

“Dalam setiap pemilu sejak 1999, suara akumulasi caleg selalu lebih besar daripada suara yang mencoblos tanda gambar partai,” tuturnya.

Sebelumnya, Kompas.TV memberitakan, hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh Litbang Kompas menempatkan elektabilitas PDIP teratas dibandingkan partai politik (parpol) lainnya.

Dikutip dari Kompas.id, Selasa (23/5/2023), PDIP memimpin dalam elektabilitas dengan 23,3 persen suara atau sedikit meningkat (0,4 persen) dibandingkan survei Januari 2023.

"Kenaikan elektabilitas PDIP ini ditengarai, antara lain, sebagai buah dari deklarasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden PDIP," tulis tim Litbang Kompas.

Di peringkat kedua, Gerindra berhasil menaikkan elektabilitas menjadi 18,6 persen, hanya terpaut 4,7 persen dengan PDIP.

Baca Juga: Elektabilitas Koalisi Perubahan Turun di Survei Litbang Kompas, Anies Diyakini Dapat Mendongkraknya

Pada survei ini, peringkat ketiga ditempati Partai Demokrat yang meraup 8 persen atau sedikit turun dari survei Januari 2023.

"Capaian elektabilitas Demokrat menggusur elektabilitas Partai Golkar yang meraih 7,3 persen dan berada di posisi keempat," ujarnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x