Kompas TV regional jawa timur

Jelang Keberangkatan Haji, Penjualan Perlengkapan dan Pernik Haji Meningkat

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 20:58 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Jelang keberangkatan haji, toko perlengkapan dan pernik haji di kawasan pasar tanjung Kabupaten Jember Jawa Timur ramai pembeli. Warga memilih belanja kebutuhan haji di pasar, karena murah, kualitas bagus dan harga bisa ditawar. Pembeli juga bisa memesan jauh hari untuk antisipasi naiknya harga.

Toko perlengkapan dan pernik haji ini berada di Pasar Tanjung Jalan Samanhudi Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Sebulan jelang keberangkatan ibadah haji, penjualan perlengkapan dan pernik haji meningkat 90 persen dari hari biasanya.

Perlengkapan dan pernak haji yang banyak diburu adalah baju ihram, kaos haji, mukena, topi pelindung, masker, minyak dan pelembab kulit. Oleh-oleh haji berupa makanan dan minuman juga laris diburu pembeli, ada kacang arab, kurma, air zam zam dan kismis. Sedangkan oleh-oleh dalam bentuk souvenir, ada tasbih dan sajadah.

Tingginya permintaan membuat pedagang harus mendatangkan barang dari luar kota, seperti bandung, solo dan Jogjakarta. Bahkan untuk parfum harus didatangkan dari luar negeri.

Baca Juga: Bupati Jember Buka Bimbingan Manasik Haji, Diikuti 1.744 CJH

Warga memilih beli di pasar karena murah dan kualitas bersaing dengan toko modern. Warga juga bisa menawar harga sesuai isi dompet.

Calon jemaah haji asal Jember berangkat ke tanah suci pada 13 Juni 2023 melalui embarkasi Surabaya Jawa Timur.

 

#ibadahhaji #perlengkapanhaji #pasartanjung #jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x