Kompas TV video vod

Survei Litbang Kompas Kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf: di Bulan Mei 70,1 Persen Responden Puas!

Kompas.tv - 22 Mei 2023, 20:29 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei Litbang Kompas periode Mei 2023 menunjukkan tren peningkatan kepuasan publik terhadap kinerja Kabinet Pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Dalam survei Mei 2023 terlihat 70,1% responden menyatakan puas atau naik 0,8% dari survei bulan Januari 2023.

Sedangkan 29,9% responden tidak puas atau turun 0,8% dari survei bulan Januari 2023.

Dari 4 bidang yang dikaji dalam Survei Litbang Kompas, penegakan hukum berada di posisi terendah dengan tingkat apresiasi 59,0%.

Sementara bidang kesejahteraan sosial 78,0%, politik dan keamanan 74,4% serta perekonomian 59,5%.

Dilihat dari 20 indikator dari 4 bidang tersebut, masih ada 2 indikator yang tingkat kepuasannya masih dibawah 50% meskipun meningkat jika dibandingkan survei bulan Januari 2023, yaitu memberantas suap dan jual beli kasus hukum dengan tingkat kepuasan 42%, serta serta menyediakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran 43,8%.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, Joanes Joko mengatakan pemerintah terus berupaya memperbaiki kinerja sektor penegakan hukum, terutama pemberantasan korupsi.

Sementara anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Didik Mukrianto meminta pemerintah segera memperbaiki penegakan hukum.

Dikutip dari Harian Kompas, Didik Mukrianto menyebut "Pemerintah harus segera memperpaiki sektor penegakan hukum secara terintegrasi dan berkelanjutan, baik dalam sistem maupun individu para aparat."

Apresiasi publik terhadap pemerintah diharap menjadi evaluasi untuk meningkatkan kinerja di sisa Pemerintahan Jokowi-Maruf.

Baca Juga: Cak Imin: Tahun 2024, Dana Desa Akan Dinaikkan 5 Kali Lipat

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x