Kompas TV nasional politik

Soal Video Orasinya yang Menyebut Pengkhianat PDIP akan Dilaknat Tuhan, Begini Penjelasan FX Rudy

Kompas.tv - 21 Mei 2023, 15:16 WIB
soal-video-orasinya-yang-menyebut-pengkhianat-pdip-akan-dilaknat-tuhan-begini-penjelasan-fx-rudy
Foto arsip. Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan penjelasan usai beredar video dirinya yang menyebut kader yang mengkhianati partai, khususnya Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri, akan dilaknat Tuhan. (Sumber: Kompas.com/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan penjelasan usai beredar video dirinya yang menyebut kader yang mengkhianati partai, khususnya Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri, akan dilaknat Tuhan.

Video itu memperlihatkan FX Rudy saat berorasi di depan ratusan relawan Jaringan Militan Ganjar (Jaritangan) di Blitar, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (20/5/2023). 

"Siapa yang mengkhianati Ibu Ketua Umum, siapa yang lahir dari rahim PDI Perjuangan, mengkhianati beliau, Tuhan akan melaknat beliau. Setuju?" kata FX Rudy dalam video tersebut.

Apakah orasi tersebut merupakan sindiran kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka?

Seperti diketahui, pada Jumat (19/5) malam lalu, Gibran yang merupakan kader PDIP, mendampingi ketum Partai Gerindra yang juga bakal calon presiden, Prabowo Subianto, untuk menemui relawan Jokowi-Gibran di Solo.

Setelah video orasinya beredar, FX Rudy menjelaskan, pernyataannya tersebut tidak ditunjukkan kepada pribadi tertentu.

Menurut penjelasannya, pernyataan serupa selalu disampaikan kepada kader di berbagai kesempatan. 

"Jadi saya bicara di Blitar itu tidak kemarin saja, sejak dulu dari saya di PDI sampai menjadi PDIP," kata FX Rudy di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/5), seperti dilaporkan jurnalis Kompas TV, Widi Nugroho.

"Saya selalu sampaikan kepada kader saya jangan menyakiti ibu kandungmu sendiri. Bagi kader partai, ibu kandungnya siapa? Ya ibu Ketum Megawati."

"Kalau kamu menyakiti apalagi mengkhianati, Tuhan pasti akan memberikan kutukan kepada yang berkhianat kepada ibu Megawati. Apalagi kader-kader partai yang merasa lahir dari PDIP."

Baca Juga: Respons Ganjar Pranowo Soal Pertemuan Gibran dan Prabowo dengan Relawan Jokowi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x