Kompas TV nasional politik

Gerindra Sebut Pendukung Jokowi Lari ke Prabowo, Hasil Survei Terbaru 54,9 Persen ke Ganjar

Kompas.tv - 20 Mei 2023, 05:40 WIB
gerindra-sebut-pendukung-jokowi-lari-ke-prabowo-hasil-survei-terbaru-54-9-persen-ke-ganjar
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade di program Dua Arah KOMPAS TV, Jumat (20/5/2023). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade menilai pemilih Presiden Joko Widodo atau Jokowi kini sudah terpecah. Ada yang mendukung Prabowo Subianto dan memilih Ganjar Pranowo. 

Menurut Andre kecenderungan pemilih Jokowi ke Prabowo perlahan meningkat, sedangkan yang memilih Ganjar tidak berkembang. 

Andre menjelaskan tren kenaikan pendukng Jokowi ke Prabowo, tidak terlepas dari hasil beberapa survei Prabowo Subianto yang menyebut Ketua Umum Partai Gerindra itu menteri terbaik Jokowi.

"Di berbagi survei juga disebutkan Prabowo adalah figur yang paling cocok dan paling tepat melanjutkan pemerintahan Jokowi," ujar Andre di program Dua Arah KompasTV, Jumat (20/5/2023) malam.

Baca Juga: Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Unggul di Kalangan Pemilih Islam, Ganjar Menang di Kota

Di kesempatan yang sama Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya tidak sepakat jika tren pemilih Jokowi lebih banyak ke Prabowo. 

Yunarto menjelaskan hasil survei tatap muka Charta Politika terakhir saat simulasi tiga nama nama kandidat capres tertinggi, sebanyak 61 persen pemilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pemilu 2019 ke Ganjar Pranowo. 

Sedangkan 18 persen pemilih Jokowi-Amin ke Prabowo, kemudian 14 persen ke Anies Baswedan. 

Data yang sama juga ditunjukkan dari hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru dengan metode telepon.  

Baca Juga: Hasil Survei Capres, LSI: Pendukung Jokowi Kini Tak Hanya Lihat Ganjar, tapi Juga Prabowo

Pemilih Jokowi-Amin yang beralih ke Ganjar sebanyak 54,9 persen, ke Prabowo 24,8 persen. Kemudian sebanyak 13,3 persen memilih Anies Baswedan. 

"Kalau kecenderungan persaingan ketat Ganjar dan Prabowo itu betul, tetapi dibedah berapa besar pemilih Jokowi yang beralih, masih mayoritas ke Ganjar," ujar Yunanto. 


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x