Kompas TV regional jawa barat

Ternyata Pria Berseragam Ormas yang Palak Sopir Truk Baru Keluar Penjara 5 Bulan Lalu karena Curi HP

Kompas.tv - 19 Mei 2023, 09:25 WIB
ternyata-pria-berseragam-ormas-yang-palak-sopir-truk-baru-keluar-penjara-5-bulan-lalu-karena-curi-hp
Sosok pria berseragam organisasi Pemuda Pancasila (PP) yang dicari kepolisian karena aksi pemalakan terhadap sopir truk di Jalan Raya Letkol Atang Senjaya, Desa Bantarjaya, Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Sumber: Antara)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Polisi menangkap pria berinisial RB (42), yang terekam dalam video tengah memalak sopir truk di jalanan di kawasan Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Diketahui, video yang merekam RB tengah memalak sopir truk tersebut sempat viral di media sosial. Dalam aksinya, RB mengenakan seragam organisasi kemasyarakatan atau ormas.

Baca Juga: Viral! Pemalak Sopir Truk Berseragam Ormas di Bogor Ditangkap!

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bogor AKP Yohannes Redhoi Sigiro mengatakan RB ditangkap polisi pada Kamis (18/5/2023).

Dari hasil penyelidikan polisi terungkap bahwa pelaku RB ternyata seorang residivis. RB diketahui baru bebas dari penjara sekitar lima bulan yang lalu.

"Baru keluar Desember 2022 dari Lapas Pondok Rajeg," kata Yohannes, Kamis (18/5/2023) seperti dikutip dari Tribunnews Bogor.

Yohannes menerangkan, pelaku RB sempat mendekam di penjara lantaran mencuri telepon seluler atau ponsel di wilayah Kecamatan Rancabungur pada tahun lalu.

"Residivis pencurian HP di Rancabungur, hukuman satu tahun," ucapnya.

Baca Juga: Soal Potret Kerukunan Pascareformasi, Guru Besar UIN: Dialog Jadi Basis Terbentuknya Kohesi Sosial

Sementara itu, Kapolsek Rancabungur Iptu Hartanto Rahim mengatakan RB sekarang telah berada di Polres Bogor. Polisi masih memeriksa RB mengenai aksi dan motif pemalakan yang diperbuatnya itu.

Hartanto menjelaskan, penangkapan RB berlangsung di wilayah Rancabungur. Ia dibekuk sewaktu keluar dari tempat persembunyiannya di pinggir jalan Desa Bantarjaya, Rancabungur.

"Akhirnya kita bawa ke kantor dan ditangani Satreskrim Polres Bogor," ucapnya.


 

Sebelumnya, kasus dugaan pemalakan itu terjadi pada Selasa (16/5). Dalam video yang beredar di media sosial, RB meminta sejumlah uang kepada sopir truk.

RB berdalih bahwa setiap kendaraan yang ingin melintas terlebih dahulu harus menyetor uang kepadanya.

Namun, sopir truk tersebut enggan memberikan uang kepada RB. Keduanya lalu terlibat perdebatan.

Baca Juga: Palak Sopir Truk Uang Parkir Ratusan Ribu, Polsek Cengkareng Tangkap 2 Pelaku Pungli!

RB sempat mengancam akan menghancurkan kendaraan sang sopir bila kembali melintasi jalan itu.

"Korban sedang melintas di TKP lalu berhenti untuk membeli air minum di warung, tiba-tiba datang pelaku memukul bagian bak truk sambil meminta uang sebesar Rp 10 ribu," tutur Iptu Hartanto Rahim, Rabu (17/5).



Sumber : TribunnewsBogor


BERITA LAINNYA



Close Ads x