Kompas TV regional berita daerah

Arak-Arakan Budaya PDI Perjuangan di Jawa Tengah Sambut Pendaftaran Bacaleg

Kompas.tv - 15 Mei 2023, 19:37 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Arak-arakan budaya ini terdiri dari beragam pertunjukan seperti tarian daerah, perkusi, hingga senam sehat. Meskipun turun gerimis, namun partisipan partai tampak sangat antusias mengawal pendaftaran bacaleg. Tak hanya anak muda namun hingga orang tua.

 

Arak-arakan budaya dilakukan dengan berjalan kaki dari kantor Panti Marhaen hingga ke Kantor KPU Jawa Tengah sepanjang lebih dari 2 km. Selain arak-arakan, ada pula tarian prajurit dengan kostum Jawa yang sudah bersiap di halaman Kantor KPU Jawa Tengah untuk menyambut para bakal calon legislatif Partai PDI Perjuangan yang mendaftar.

 

Kemeriahan arak-arakan budaya ini dimaksudkan selain untuk memeriahkan acara pendaftaran, namun juga untuk melestarikan budaya Indonesia dan sebagai edukasi masyarakat mengenai partisipasi politik.

 

Dalam pendaftaran bacaleg, pihak Partai PDI sendiri mendaftarkan seluruh kuota atau 120 kursi legislatif. Untuk keterwakilan perempuan sebanyak 39% dengan semua kandidat merupakan generasi milenial.

 

Sementara di Jawa Tengah sendiri, Partai PDI Perjuangan memiliki 1.610 bakal calon legislatif dari 189 dapil atau 35 kabupaten kota yang ada di Jawa Tengah.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x