Kompas TV nasional rumah pemilu

Daftarkan Bakal Caleg PKB ke KPU, Cak Imin: Ada Tommy Kurniawan hingga Iyeth Bustami

Kompas.tv - 13 Mei 2023, 16:54 WIB
daftarkan-bakal-caleg-pkb-ke-kpu-cak-imin-ada-tommy-kurniawan-hingga-iyeth-bustami
Cak Imin ketika menyerahkan daftar nama bakal caleg dari PKB kepada Ketua KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Jakarta, Sabtu (13/5/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyerahkan daftar 580 bakal calon anggota legislatif (caleg) dari partainya kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Sabtu (13/5/2023) siang WIB.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin didampingi sejumlah tokoh PKB, di antaranya Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Waketum PKB Jazilul Fawaid, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, hingga Wakil Ketua Komisi II DPR RI Yanuar Prihatin.

“Kami DPP PKB telah memenuhi seluruh kewajiban dan tanggung jawab untuk menyerahkan (daftar) caleg DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, 100 persen terpenuhi," kata Cak Imin disambut tepuk tangan hadirin di Ruang Sidang Utama Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu.

Baca Juga: Golkar Kaget Ketika PKB Tawarkan Airlangga sebagai Ketua Pemenangan Prabowo-Cak Imin

Dalam konferensi pers usai penyerahan berkas pendaftaran bakal caleg, Cak Imin menyebut caleg PKB untuk Pemilu 2024 berasal dari berbagai kalangan, mulai ulama hingga artis.

"Di kalangan tokoh-tokoh yang muncul ada ulama, kyai, pimpinan adat, ada Ibu Rukmini, aktivis masyarakat adat Indonesia. Ada juga mantan purnawirawan, Susno Duadji, ada aktivis NU dari semua level,” kata Cak Imin.

"Ada kelompok perempuan, aktivis perempuan, organisasi-badan otonom Nahdlatul Ulama, pimpinan-pimpinan kepala daerah, sekjen Ansor, LSM-LSM, wartawan banyak juga, mantan rektor.”

“Kalau artis, Tommy Kurniawan, Iyeth bustami, Arzeti Bilbina, Camelia Lubis (Camel Petir), Zora Vidya, dan Muhaimin Iskandar--eh Muhaimin Iskandar tidak nyalon! (Ada) Norman Kamaru! Itu yang kita hafal,” kata Cak Imin.

Dia pun mengaku fokus pada pencalonan capres/cawapres. Ia berharap kesepahaman dapat terjadi antara koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang beranggotakan PKB-Gerindra dan Golkar.

Sebelumnya, Cak Imin mengaku legawa untuk mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Namun, mengenai cawapres dan susunan pemenangan, koalisi PKB-Gerindra disebut masih belum bersepakat dengan Golkar.

"Calon presiden dan calon wakil presiden yang terpilih sudah ditetapkan oleh Allah, tapi bocorannya belum tahu,” kata Cak Imin.

Baca Juga: [TOP 3 NEWS] Cak Imin Legowo Wapres, Grace Tahir Diperiksa KPK, Kompolnas Dorong Teddy Dipecat


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x